SKRIPSI PAI
Korelasi Antara Metode Demonstrasi Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik [Studi Kasus Pada Mapel Fikih Kelas V Di MSI 01 Kauman Pekalongan]
Kegiatan belajar mengajar yang melahirkan interaksi unsur-unsur manusiawi Adalah suatu proses dalam rangka mencapai tujuan pelajaran.Guru dengan sadar berusaha mengatur lingkungan belajar agar peserta didik bergairah dalam belajar. Dengan seperangkat teori dan pengalaman yang dimiliki, guru gunakan untuk bagaimana mempersiapkan program pengajaran dengan baik dan sistematis. Salah satu usaha yang tidak pernah guru tinggalkan adalah bagaimana memahami kedudukan metode sebagai salah satu komponen yang ikut ambil bagian bagi keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Kerangka berfikir yang demikian bukanlah suatu hal yang aneh,tapi nyata dan betul-betul di pikirkan oleh guru. Dalam hal ini, metode demonstrasi diharapkan mampu membangkitkan motivasi belajar anak, sehingga dalam kegiatan belajar mengajar akan berhasil.
Berdasarkan uraian di atas,maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut: bagaimana pelaksanaan metode demonstrasi yang dilaksanakan guru pada mapel Fiqh di MSI 01 Kauman Pekalongan, bagaimana motivasi belajar peserta didik MSI 01 Kauman Pekalongan, bagaimana korelasi pelaksanaan metode demonstrasi terhadap motivasi belajar peserta didik pada mapel Fikih kelas V di MSI 01 Kauman Pekalongan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi pada mapel Fiqh di MSI 01 Kauman Pekalongan.Untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik MSI 01 Kauman Pekalongan.Untuk mengetahui korelasi pelaksanaan Metode Demonstrasi terhadap motivasi belajar peserta didik pada mapel Fikih Kelas V di MSI 01 Kauman Pekalongan.
Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun kumpulan data yang di gunakan adalah metode angket, observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis kuantitatif yang digunakan yaitu menggunakan rumus product moment. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Besar sampel dalam penelitian ini adalah kelas v dengan jumlah peserta didik = 75 anak.
Berdasarkan analisis peneliti bahwa pelaksanaan metode demonstrasi di MSI 01 Kauman Pekalongan pada mata pelajaran fikih kelas V tahun pelajaran 2012 tergolong . Hal tersebut ditunjukkan dari hasil nilai rata-rata yang di peroleh (µx) yaitu 66 yang terdapat pada interval 64-67. Motivasi belajar peserta didik kelas V MSI 01 Kauman Pekalongan tahun pelajaran 2012 termasuk dalam kategori . Hal ini di tunjukkan dari hasil nilai rata-rata yang di peroleh (µy) yaitu 66 yang terdapat pada interval 64-67. Pelaksanaan metode demonstrasi pada mata pelajaran fikih berkorelasi positif yang signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V MSI 01Kauman Pekalongan tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang diperoleh yang dirumuskan dengan rxy= 0,8846> rt=0,227 pada taraf signifikan 5% dan rxy=0,8846> rt=0,296 pada taraf signifikan 1%. Jadi, disimpulkan Ha diterima atau terdapat korelasi positif yang signifikan antara pelaksanaan metode demonstrasi pada mata pelajaran fikih dengan motivasi belajar peserta didik kelas V MSI 01 Kauman Pekalongan tahun pelajaran 2012/2013. Dengan kata lain, pada penelitian ini diketahui bahwa Pelaksanaan metode demonstrasi berkorelasi dengan motivasi belajar peserta didik MSI 01 Kauman Pekalongan.
06SK064821.00 | SK PAI12.648 FIL k C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain