SKRIPSI PAI
Peran Guru PAI Dalam Membentuk Perilaku Terpuji Siswa MA Nurul Hidayah Majalangu Kec. Watukumpul Kab. Pemalang
Perilaku menyimpang serta pergaulan bebas saat ini seolah-olah telah menemukan kewajarannya. Pergaulan bebas dikalangan remaja dan pelajar yang marak akhir-akhir ini merupakan berita yang memilukan bagi semua pihak, baik orang tua, guru maupun masyarakat. Akibat perkembangan zaman, mobilitas sosial dan pengaruh media cetak maupun elektronik, pola komunikasi antar anggota masyarakat mengalami pergeseran. Dalam pendidikan Agama Islam guru memiliki peran penting pada pembentukan perilaku terpuji siswa, perilaku guru dipandang sebagai sumber pengaruh sedangkan perilaku siswa sebagai efek dari berbagai proses pembelajaran. Jadi, berlangsungnya proses pendidikan Agama Islam yang kurang bermakana bagi pengembangan pribadi dan watak peserta didik, dapat berakibat pada menurunnya moral dan kesadaran makna hakiki kehidupan.
Atas dasar pemikiran di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru PAI dalam membentuk perilaku terpuji siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi keteladanan guru PAI dan untuk mengeksplorasi kebiasaan berperilaku terpuji siswa yang diterapkan oleh guru PAI. Adapun kegunaan penelitian ini adalah sebagai masukan bagi guru PAI agar dapat mengoptimalkan perannya dalam pembentukan perilaku terpuji siswa dengan pendidikan keteladanan dan pembiasaan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah tiga guru PAI dan lima siswa sedangkan sumber data sekundernya adalah Kepala Sekolah dan Administrator MA Nurul Hidayah Majalangu. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, adapun data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI berperan dalam pembentukan perilaku terpuji siswa di MA Nurul Hidayah Majalangu Kec. Watukumpul Kab. Pemalang. Dalam pembentukan perilaku terpuji siswa guru PAI menggunakan pendidikan keteladanan dan pembiasaan kepada siswa. Pendidikan keteladanan dan pembiasaan dilakukan dalam berbagai aspek diantaranya kedisiplinan, sopan santun serta dalam peningkatan keimanan dan ketakwaan melalui ibadah. Dalam pelaksanaannya terdapat keteladanan yang belum maksimal pada penerapannya yaitu dalam sopan santun masih ada beberapa siswa yang kurang sopan dalam berbicara kepada gurunya, dalam disiplin waktu juga masih ada siswa yang belum menjadikan guru yang tepat waktu sebagai teladan dan menirunya untuk dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pembiasaan beberapa sudah berhasil seperti pembiasaan mengucapkan dan menjawab salam setiap proses belajar mengajar, pembiasaan membaca Al-Qur’an setiap pagi, mengadakan peringatan-peringatan hari besar Islam, membiasakan mengajak para siswa untuk berdoa bersama menjelang ujian, dan lain-lain. Namun ada juga pembiasaan yang belum maksimal diterapkan diantaranya pembiasaan untuk taat pada tata tertib sekolah, misalnya masih ada siswa yang tidak memasukkan bajunya. Untuk perilaku siswa MA Nurul Hidayah banyak faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perubahan perilaku siswa. Berbagai usaha yang telah dilakukan oleh para guru telah berhasil mengubah beberapa perilaku siswa yang kurang baik dan dari tahun ke tahun telah mengalami perbaikan. Hanya ada perilaku beberapa siswa MA Nurul Hidayah yang masih perlu dilakukan perbaikan yaitu dalam sopan santun dan disiplin waktu serta tata tertib sekolah. Misalnya masih ada beberapa siswa yang kurang sopan dalam berbicara dan bertingkah laku termasuk saat berinteraksi dengan para guru.
06SK064021.00 | SK PAI12.640 ROY p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain