SKRIPSI PAI
Korelasi Antara Minat Membaca Dengan Nilai Tes Kemampuan Dasar [TKD] Peserta Didik Kelas III Di MI Islamiyah Tumbrep 01 Kes. Bandar Kab. Batang
Seorang guru dalam menjalankan aktivitas rutin sehari-hari harus berusaha menghindari hal-hal yang monoton dan membosankan. Ia harus selalu memberikan pada siswa tentang hal-hal yang perlu dipikirkan dan dilakukan. Guru harus memelihara minat siswa dalam belajar misalnya dengan memberi kebebasan tertentu untuk berpindah dari suatu aspek ke lain aspek pelajaran dalam situasi belajar.
Berangkat dari pemikiran di atas, maka penulis merumuskan beberapa masalah yaitu (1) Seberapa tinggi minat membaca peserta didik kelas III?, (2) Seberapa tinggi nilai Tes Kemampuan Dasar (TKD) kelas III?, (3) Adakah korelasi minat membaca dengan Tes Kemampuan Dasar (TKD) peserta didik kelas III di MI Islamiyah Tumbrep 01 Kec. Bandar Kab. Batang?. Tujuannya (1) Untuk mengetahui seberapa tinggi minat membaca peserta didik kelas III. (2) Untuk mengetahui seberapa tinggi nilai Tes Kemampuan Dasar (TKD) kelas III. (3) Untuk mengetahui korelasi antara minat membaca dengan nilai Tes Kemampuan Dasar (TKD) peserta didik kelas III di MI Islamiyah Tumbrep 01 Kec. Bandar Kab. Batang. Kegunaannya (1) Secara teoritis diharapkan memberikan sumbangan bagi pengembangan dunia pendidikan pada umumnya dan khususnya dapat memperkaya khasanah dunia pendidikan mengenai pentingnya Tes Kemampuan Dasar (TKD) yang diperoleh dari penelitian lapangan ini. (2) Secara praktis, bagi guru dapat memperoleh pemahaman tentang arti pentingnya membangkitkan minat membaca yang dapat berpengaruh terhadap Tes Kemampuan Dasar (TKD).
Peneliti melakukan riset menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dan menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik teknik korelasi Product Moment. Adapun data-data yang diperlukan digali dengan metode angket, observasi, interview dan dokumentasi.
Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Minat membaca peserta didik kelas III dengan nilai skor yang dominan 64 – 69 dengan prosentase 40% dan dengan nilai rata-rata 66 termasuk dalam kategori cukup baik. (2) Nilai Tes Kemampuan Dasar (TKD) peserta didik kelas III dengan nilai skor yang dominan 66 – 07 dengan prosentase 36,7% dan dengan nilai rata-rata 67 termasuk dalam ketegori cukup baik. (3) Terdapat korelasi yang signifikan antara minat membaca dengan nilai Tes Kemampuan Dasar (TKD) peserta didik kelas III di MI Islamiyah Tumbrep 01 Kec. Bandar Kab. Batang. Berdasarkan hasil rxy = 0,835, jadi hasil di atas menunjukkan bahwa rxy lebih besar dari rt (rxy > rt) baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Hal ini berarti terdapat korelasi yang signifikan antara minat membaca dengan nilai Tes Kemampuan Dasar (TKD) peserta didik kelas III di MI Islamiyah Tumbrep 01 Kec. Bandar Kab. Batang, dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.
06SK063221.00 | SK PAI12.632 ASM k C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain