SKRIPSI PAI
Peranan Pondok Pesantren Nurul Hidayah Sidayu Kec. Bandar Kab. Batang Dalam Meningkatkan Manajemen Pendidikan Santri
Pondok Pesantren sebagai pengembangan ilmu pengetahuan khususnya ilmu agama, mempunyai peluang untuk mengatur kiprahnya di tengah-tengah masyarakat, lebih-lebih pekerjaan ini merupakan tugas yang spesifik bagi Pondok Pesantren. Pondok Pesantren sebagai lembaga pengembangan masyarakat, artinya Pondok Pesantren pada kenyataanya membawa perkembangan di bidang manajemen pendidikan pada khususnya dan kesejahterahan masyarakat pada umumnya
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan masalahnya yaitu bagaimana metode di pondok pesantren dalam meningkatkan manajemen pendidikan santri?, bagaimana usaha-usaha yang dilakukan oleh pondok pesantren dalam meningkatkan manajemen pendidikan santri? Dan apa sajakah faktor pendukung dan penghambat peranan pondok pesantren Nurul Hidayah Sidayu Kec. Bandar Kab. Batang dalam meningkatkan manajemen pendidikan santri?. Tujuannya untuk menjelaskan metode di pondok pesantren dalam meningkatkan manajemen pendidikan santri, untuk menjelaskan usaha-usaha yang dilakukan oleh pondok pesantren dalam meningkatkan manajemen pendidikan santri dan untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat peranan pondok pesantren Nurul Hidayah Sidayu Kec. Bandar Kab. Batang dalam meningkatkan manajemen pendidikan santri. Kegunaannya secara teoritis menjadi bagian dari referensi tentang pengetahuan manajemen pendidikan bagi santri, secara praktis memberikan motivasi dan pemahaman peranan pondok pesantren Nurul Hidayah Sidayu Kec. Bandar Kab. Batang dalam meningkatkan manajemen pendidikan santri.
Penulis menentukan jenis penelitiannya adalah jenis penelitian lapangan (field research). Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, adapun metode analisis datanya dengan metode analisa data perspektif interaksionis simbolik bersifat induktif. Sedangkan data-data yang diperlukan digali dengan metode observasi, interviu dan dokumentasi.
Hasil analisisnya menyatakan (1) Metode yang digunakan di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Sidayu Kec. Bandar Kab. Batang dalam Meningkatkan manajemen pendidikan Santri, di antaranya: metode sorongan, wetonan/bandongan, hafalan (Muhafzhah), demonstratif/Praktek Ibadah. (2) Usaha-usaha yang Dilakukan oleh Pondok Pesantren Nurul Hidayah Sidayu Kec. Bandar Kab. Batang dalam Meningkatkan manajemen pendidikan Santri, di antaranya: latihan pidato, seni baca Al-Quran atau qiroah, kaligrafi dan rebana (3) Faktor pendukung dari dukungan dan restu dari bapak Kepala Desa Sidayu, kyai, ustadz/ustadzah dan santri/santriwati, warga masyarakat, dan pemerintah setempat. Sedangkan faktor penghambat datanngnya dari keterbatasan dana, belum adanya donatur tetap, sarana prasarana yang kurang memadai.
06SK063121.00 | SK PAI12.631 FAI p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain