SKRIPSI PAI
Pengaruh Kinerja Guru Wiyata Bakti Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Di MI Islamiyah Cokro Kec. Blado Kab. Batang
Guru harus peka terhadap perubahan-perubahan pembaharuan serta ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang sejalan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat dan perkembangan zaman. Di sinilah tugas guru untuk meningkatkan wawasan ilmu dan meningkatkan kualitas wawasan pendidikannya, sehingga apa yang diberikan kepada siswanya tidak terlalu ketinggalan dengan perkembangan kemajuan zaman, begitupun dengan guru wiyata bakti.
Berangkat dari pemikiran di atas, maka penulis merumuskan beberapa masalah yaitu (1) Bagaimana kinerja guru wiyata bakti?, (2) Bagaimana prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik?, (3) Bagaimana pengaruh kinerja guru wiyata bakti terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di MI Islamiyah Cokro Kec. Blado Kab. Batang?. Tujuannya (1) Untuk mengetahui kinerja guru wiyata bakti, (2) Untuk mengetahui prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik, (3) Untuk mengetahui pengaruh kinerja guru wiyata bakti terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di MI Islamiyah Cokro Kec. Blado Kab. Batang. Kegunaannya (1) Secara teoritis diharapkan memberikan sumbangan bagi pengembangan dunia pendidikan pada umumnya dan khususnya dapat memperkaya khasanah pendidikan yang diperoleh dari penelitian lapangan ini. (2) Secara praktis, bagi pendidik dapat memperoleh pemahaman tentang pengaruh kinerja guru wiyata bakti terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di MI Islamiyah Cokro Kec. Blado Kab. Batang.
Peneliti melakukan riset menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dan menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik teknik korelasi Product Moment. Adapun data-data yang diperlukan digali dengan metode observasi, interview dan dokumentasi.
Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Kinerja guru wiyata bakti di MI Islamiyah Cokro dengan nilai skor yang dominan 66 – 72 dengan prosentase 46,6 % dan dengan nilai rata-rata 66 termasuk dalam kategori baik. (2) Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di MI Islamiyah Cokro nilai skor yang dominan 62 – 67 dengan prosentase 40 % dan dengan nilai rata-rata 67 termasuk dalam ketegori cukup. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja guru wiyata bakti dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di MI Islamiyah Cokro Kec. Blado Kab. Batang. Hal ini terbukti berdasarkan perhitungan statistik, dengan nilai rxy = 0,835, jadi hasil diatas menunjukkan bahwa rxy lebih besar dari rt (rxy > rt) baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja guru wiyata bakti dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di MI Islamiyah Cokro Kec. Blado Kab. Batang, dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.
06SK062821.00 | SK PAI12.628 MUD p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain