SKRIPSI PAI
Efektifitas Pelaksanaan Program Kelas Unggulan Di MTs N Buaran Kabupaten Pekalongan
Program kelas unggulan merupakan pelayanan pendidikan yang berdiferensiasi yaitu memberikan pelayanan pendidikan yang disesuaikan dengan kemampuan dan kecerdasan siswa. Dengan sistem program kelas unggulan ini, siswa yang memiliki kemampuan unggul/berbakat diberikan peluang untuk mengembangkan potensinya.Akan tetapi pada dasarnya, untuk melaksanakan program kelas unggulan disebuah lembaga pendidikan atau sekolah tidaklah mudah. Karena perlu adanya suatu sistem yang mendukung program tersebut sehingga dapat mencapai target atau tujuan yang telah ditetapkan dengan indikator dapat menghasilkan Output yang unggul sesuai dengan standar nasional.
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka selanjutnya penulis mengemukakan permasalahan yang membutuhkan pembahasan lebih lanjut. Pokok-pokok permasalahan tersebut adalah sebagai berikut:1) Bagaimana pelaksanaan program kelas unggulan di MTs N Buaran kabupaten Pekalongan?, 2) Apakah tujuan pelaksanaan program kelas unggulan di MTs N Buaran kabupaten Pekalongan telah tercapai?, 3) Bagaimana efektivitas pelaksanaan program kelas unggulan di MTs N Buaran kabupaten Pekalongan. Adapun yang menjadi tujuan peneliti dalam penelitian ini mengacu pada permasalahan tersebut diatas adalah sebagai berikut :Untuk mengetahui tujuan dari pelaksanaan dalam program kelas unggulan di MTs N Buaran kabupaten Pekalongan, Untuk mengetahui ketercapaian tujuan dari pelaksanaan program kelas unggulan di MTs N Buaran kabupaten Pekalongan, Untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan program kelas unggulan di MTs N Buaran kabupaten Pekalongan.
Jenis penelitian yangdilakukan adalah penelitian lapangan (field research). Dalam hal ini penulis akan melakukan pengamatan langsung terhadap objek penelitian (terjun langsung ke lapangan) guna memperoleh informasi dan data-data tentang masalah yang dibahas. Kemudian untuk menjawab permasalahn diatas, maka pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif kuantitatif adalah penelitian yang bertujuan menggambarkan fenomena yang terjadi dengan menggunakan data statistik. Adapun data-data yang diperlukan digali dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi
Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan jalan analisis data melalui perhitungan Prosentase maka didapat hasil bahwa tujuan dan pelaksanaan program kelas unggulan di MTs N Buaran Pekalongan telah sesuai dan terlaksana dengan baik. Kemudian berdasarkan perhitungan hasil nilai murni Ujian Nasional pertahun yang dimulai dari tahun ajaran 2008/2009-2011/2012 pada program kelas unggulan tingkat efektivitasnya dapat dikategorikan sangat baik, hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata pencapaian target pada masa empat tahun ajaran pelaksanaan program kelas unggulan sebesar 83,53%.
06SK062521.00 | SK PAI12.625 PUR e C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain