SKRIPSI PAI
Pengaruh Kewibawaan Guru Terhadap Kepribadian Siswa Dalam Belajar Kelas VI MIS Kemasan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan
Guru adalah pendidik yang menjadi tokoh panutan dan identifikasi bagi para peserta didik dan lingkungannya. Oleh karena itu, guru harus memiliki standar kualitas pribadi tertentu yang mencakup tanggung jawab, wibawa, mandiri dan disiplin. Guru memang menempati kedudukan yang di hormati sehingga masyarakat tidak meragukan figur guru. Masyarakat yakin bahwa gurulah yang dapat mendidik anak didik mereka agar menjadi orang yang berkepribadian mulia. Dengan kepercayaan yang diberikan masyarakat, maka di pundak guru diberikan tugas dan tanggung jawab yang berat. Guru juga menjadi teladan karena anak-anak bersifat suka meniru. Hal ini berarti guru harus memiliki kelebihan dalam menyuruh anak didik untuk belajar. Kelebihan tersebut antara lain adalah kewibawaan. Dengan kewibawaan tersebut, maka siswa akan mematuhinya. Dengan demikian siswa akan menjadi lebih giat belajar dan mempunyai kedisiplinan dalam belajar.
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana kewibawaan guru di MIS Kemasan Bojong, bagaimana kepribadian siswa dalam kelas VI MIS Kemasan Bojong dan bagaimana pengaruh kewibawaan guru terhadap kepribadian siswa dalam belajar kelas VI MIS Kemasan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan ( field research ). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi penelitian adalah siswa kelas VI MIS Kemasan Bojong yang berjumlah 33 siswa. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan rumus product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, kewibawaan guru MIS Kemasan Bojong dalam kategori baik. Hal ini berdasarkan perhitungan di dapatkan nilai rata-rata angketnya sebesar 70 berada pada interval 70 – 71 dengan kategori baik. Kedua, kepribadian siswa dalam belajar termasuk dalam kategori cukup. Hal ini berdasarkan perhitungan didapatkan nilai rata-rata angketnya sebesar 67 berada pada inteval 67 – 68 dengan kategori cukup. Ketiga, hasil analisis pengaruh kewibawaan guru terhadap kepribadian siswa dalam belajar, MIS Kemasan Bojong diperoleh < r > tabel = 0,550 dengan jumlah responden ( N ) adalah 33 dimana dalam interprestasi r berkisar antara 0,41 – 0,70, dan termasuk dalam kategori cukup < r > tabel, dapat disimpulkan bahwa berdasarkan pada perbandingan rh dan rt pada tingkat kesalahan 5 % maupun 1 % kesimpulannya sama yakni pengaruh kewibawaan guru terhadap kepribadian siswa dalam belajar kelas VI MIS Kemasan Bojong menunjukkan pengaruh yang cukup atau sedang. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima kebenarannya, karena antara variabel X da Y menunjukkan pengaruh yang cukup atau sedang.
06SK062321.00 | SK PAI12.623 MUF p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain