SKRIPSI PAI
Upaya Peningkatan Daya Serap Belajar Materi PAI Melalui Penerapan Metode Tutorial Pada Siswa Kelas VI Semester I Di SDN Karangasem 09 Batang
Dalam kegiatan belajar mengajar terdapat dua hal yang ikut menentukan keberhasilan, yakni pengaturan proses belajar mengajar dan pengajaran itu sendiri yang keduanya saling ketergantungan dengan menentukan indikator.
Salah satu indikator keberhasilan belajar mengajar adalah daya serap terhadap bahan pengajaran yang diajarkan mancapai prestasi tinggi, baik secara individual maupun kelompok. Prestasi tersebut tidak hanya datang dari individu siswa itu sendiri ( internal), namun faktor eksternal juga tidak kalah pentingnya untuk menjadi pendukung bagi siswa untuk meraih dengan daya serap tinggi. Salah satu faktor eksternal disini termasuk peran guru dalam mengajar yang menggunakan metode dan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakter siswa.
Rumusan Masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode tutorial dapat meningkatkan daya serap belajar PAI di SD Negeri Karangasem 09 Kecamatan Batang dan Berapa Prosentase peningkatan pengembangan daya serap materi PAI setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan metode tutorial di SD Negeri Karangasem 09 Kecamatan Batang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah pendekataan kuantitatif. Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu variable bebas Upaya Peningkatan Daya Serap Belajar Materi PAI Melalui Penerapan Metode Tutorial Pada Siswa Kelas VI Semester I di SDN Karangasem 09 Batang dan variable terikatnya adalah Daya Serap Belajar Siswa. Sedangkan untuk mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data penulis menggunakan rumus statistik tes
Hasil penelitian menunujukan pada siklus pertama hasil belajar siswa yang meginformasikan daya serap belajar siswa sudah nampak perubahan yang cukup signifikan dengan perolehan rata-rata 68.5 disetelah refleksi pada siswa dan dilanjutkan pada siklus ke II yang memiliki rata-rata 72,22 , pada siklus kedua terdapat kenaikan pada siklus satu dikarenakan sebagian besar kesiapan siswa dalam menerima materi, yang dapat dibuktikan pada hasil pengamat aktifitas siswa pada saat pelajaran berlangsung yang terdiskripsi dalam perolehan angka untuk siklus I : 66,00 sedangkan siklus II : 67.00. Pada siklus I dan II setelah pembelajaran masuk ke dalam nilai terdapat korelasi yang signifikan peningkatan daya serap belajar siswa melalui metode tutorial di SDN Karangasem 09 Batang. Dalam taraf 5 % dan taraf 1%, dimana diketahui untuk t0 : 3.197 sedangkan tt pada taraf 5% : 2.06, dan taraf 1% terdapat pula korelasi positif yang signifikan dimana diketahui to : 3.197 sedangkan tt pada taraf 1% : 2.79. Dan penulis memberi kesimpulan bahwa melalui metode tutorial daya serap belajar siswa kelas VI SDN Karangasem 09 Batang terdapat korealsi positif signifikan.
06SK061921.00 | SK PAI12.619 WIB u C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain