SKRIPSI PAI
Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Materi Surat Al-Qadr Melalui Keterampilan Bertanya Dasar Di MI Islamiyah Sidokare Ampelgading Pemalang
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi siswa kelas V MI Islamiyah Sidokare ketika mengikuti proses pembelajaran materi surat Al-Qadr, permasalahan yang dihadapi ialah banyak dari mereka yang memiliki keterbatasan kemampuan aspek pemahaman dalam materi surat Al-Qadr. Hal ini dibuktikan banyak yang mendapat nilai dari hasil tes formatif dibawah KKM, dimana nilai KKM Al-Quran-Hadits adalah 70. Dari permasalahan tersebut, peningkatan kemampuan aspek pemahaman siswa dalam materi pelajaran Al-Quran-Hadits surat Al-Qadr dianggap penting dikuasai oleh siswa kelas V MI Islamiyah Sidokare Ampelgading Pemalang.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana penerapan keterampilan bertanya dasar dalam pembelajaran Al-Quran-Hadits di MI Islamiyah Sidokare. (2) Apakah dengan keterampilan bertanya dasar dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi surat Al-Qadr di MI Islamiyah Sidokare. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan keterampilan bertanya dasar dalam pembelajaran Al-Quran-Hadits di MI Islamiyah Sidokare. (2) Untuk Mengetahui pemahaman siswa dalam materi surat Al-Qadr di MI Islamiyah Sidokare. Penelitian ini diharapakan bisa menambah kepustakaan serta wawasan keilmuan kepada para pendidik tentang pentingnya keterampilan bertanya dasar dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa.
Metode penelitian penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitianya adalah lapangan dengan model PTK. Permasalahan dibahas melalui penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui 3 siklus daengan setiap siklus tahapannya terdiri dari 4 tahapan yaitu perancanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Keterampilan bertanya dasar dapat meningkatakan kemampuan pemahaman siswa dalam materi surat Al-Qadr kelas V MI Islamiyah Sidokare Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang, hal ini dapat di lihat dari kenaikan nilai kemampuan pemahaman siswa, dimana pada pra siklus nilai rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 70,7 dengan tingkat ketuntasan ada 8 siswa atau 57,14 % naik menjadi 9 siswa atau 64,28 % pada siklus I dengan nilai rata-rata kelas 75,71, dan pada siklus II nilai rata-rata kelas naik lagi menjadi 78,7 dengan ketuntasan 10 siswa atau 71,42 %, dan pada siklus III nilai rata-rata kelas naik lagi menjaid 80,28 dengan ketuntasan 12 siswa atau 85,71%. Kenaikan juga terjadi pada keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan keterampilan bertanya dasar yaitu dimana pada pra siklus ada 3 siswa atau 21,43 % dengan kategori baik sekali naik menjadi 5 siswa atau 35,72 % pada siklus I, naik menjadi 6 siswa atau 42,86 % dan naik menjadi 7 siswa atau 50,00% . Pada kategori baik, ada 3 siswa atau 21,43% ketika prasiklus, pada siklus I masih tetap 3 siswa atau 21,43%, begitu juga pada siklus ke-II masih tetap 3 siswa atau 21,43% dan pada siklus III naik menjadi 4 siswa atau 28,57%. Hal ini menunjukkan indikator penilaian telah tercapai yaitu meningkatnya kemampuan pemahaman siswa dengan nilai ketuntasan sebanyak 12 siswa atau 85,71 % dari seluruh jumlah siswa, dan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada kategori baik dan baik sekali yang mencapai 78,57 % dari seluruh jumlah siswa. Demikian juga hipotesa yang menyatakan dengan adanya keterampilan bertanya dasar terdapat pengaruh yang signifikan dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman pada materi surat Al-Qadr tahun pelajaran 2011/2012 dapat diterima.
06SK061521.00 | SK PAI12.615 MUS u C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain