SKRIPSI PAI
Pengaruh Metode Bercerita Dalam Mata Pelajaran Tarikh Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Madrasah Diniyah Miftahurrohmah Desa Cepagan Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang
Dalam proses pendidikan Islam, metode mempunyai kedudukan yang sangat signifikan untuk mencapai tujuan. Sebagai salah satu komponen pengajaran, metode menempati peranan yang tidak kalah penting dari komponen lainnya dalam kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, hendaknya setiap pendidik terlebih dahulu dapat mempertimbangkan metode apa yang tepat untuk digunakan yang dapat mempengaruhi hasil belajar ke arah yang lebih baik dan relevan dengan materi pelajaran yang disampaikan. Pengunaan metode yang bervariasi pada setiap pelajaran hendaknya juga menjadi pertimbangan bagi setiap guru, guna membangkitkan motivasi belajar peserta didik.
Adapun rumusan masalah adalah bagaimana penggunaan metode cerita dalam mata pelajaran tarikh di Madrasah Diniyah Miftakhurrohmah?, bagaimana motivasi belajar siswa di Madrasah Diniyah Miftakhurrohmah?, bagaimana pengaruh metode cerita dalam mata pelajaran tarikh terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Diniyah Miftakhurrohmah?. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode cerita dalam mata pelajaran tarikh di Madrasah Diniyah Miftakhurrohmah, untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa di Madrasah Diniyah Miftakhurrohmah, dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode cerita dalam mata pelajaran tarikh terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Diniyah Miftakhurrohmah.
Penelitian yang dilakukan dalam rangka penulisan skripsi ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) karena data yang diambil berasal dari objek penelitian. Sumber data dalam penelitian ini ada 2 macam yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode interview, metode angket dan metode dokumentasi, sedangkan metode analisa data yang digunakan dalam menganalisa data yang diperoleh adalah menggunakan teknik analisis rumus
Hasil analisis dari penelitian bahwa Tingkat Penggunaan Metode Cerita dalam Proses Belajar Mengajar di Madrasah Diniyah Miftakhurrohmah termasuk dalam ketegori baik. Terbukti memiliki nilai rata-rata 32,6 yang berada dalam interval 32 – 34, yang masuk dalam kategori baik. Tingkat motivasi belajar peserta didik Madrasah Diniyah Miftakhurrohmah termasuk dalam ketegori baik. Hal ini terbukti dengan hasil angket yang memiliki nilai rata-rata 31,9. Nilai tersebut berada dalam interval 30 – 32, yang masuk dalam kategori baik. Sedangkan hasil perhitungan koofesien korelasi rxy = 0,504, berarti terdapat pengaruh positif yang cukup kuat antara penggunaan metode cerita (variabel X) dengan motivasi belajaar (variabel Y) karena pada taraf signifikan 5 % (rt = 0,329) dan pada taraf signifikan 1 % (rt = 0,424) nilai rxy = 0,504 (rxy > rt) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara penggunaan metode cerita terhadap motivasi belajar peserta didik Madrasah Diniyah Miftakhurrohmah Desa Cepagan Warungasem Batang. Ini berarti Ha diterima.
06SK061221.00 | SK PAI12.612 KHO p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain