SKRIPSI PAI
Meningkatkan Kemampuan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Ketentuan Shalat Melalui Metode Jigsaw Learning Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kalipancur 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang Semester I Tahun Pelajaran 2011-2012 [Studi Oasis PTK]
Kemampuan guru dalam menguasai dan menerapkan metode pembelajaran sangat mendukung keberhasilan mengajar. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan guna lebih mengaktifkan belajar siswa di kelas yaitu dengan menggunakan metode Jigsaw Learning. Dengan metode ini siswa dapat bekerja atau berpikir sendiri, tidak hanya mengandalkan satu siswa saja dalam satu kelompok sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diajukan adalah apakah penggunaan metode jigsaw learning dapat meningkatkan kemampuan prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi ketentuan shalat pada siswa Kelas IV SD Negeri Kalipancur 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang semester I tahun pelajaran 2011-2012? Adapun tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui apakah penggunaan metode jigsaw learning dapat meningkatkan kemampuan prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi ketentuan shalat pada siswa kelas IV SD Negeri Kalipancur 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang Semester I Tahun Pelajaran 2011-2012. Sedangkan kegunaannya yaitu secara teoritis untuk memperkaya khasanah kepustakaan sebagai literatur akademis dan dapat menambah wawasan keilmuan mengenai pentingnya penggunaan metode jigsaw learning guna meningkatkan kemampuan prestasi belajar siswa, khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan secara praktis sebagai bahan masukan bagi peneliti dan para guru sebagai wawasan tentang pentingnya penggunaan metode jigsaw learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yaitu dengan cara memberikan prediksi yang menunjuk kepada pernyataan sebagai kualitas data mengenai konsep sebagai variabel yang diteliti yang sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Instrumen pengumpulan datanya yaitu dengan catatan lapangan, lembar pengamatan, wawancara, dan tes hasil belajar.
Penggunaan metode jigsaw learning dapat meningkatkan kemampuan prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi ketentuan shalat pada siswa Kelas IV SD Negeri Kalipancur 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang Semester I Tahun Pelajaran 2011-2012. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar pra siklus, di mana prosentase ketuntasan belajar hanya 62,50 % dan rata-rata nilai hanya 61,87. Kemudian dilanjutkan pada siklus I, di mana perolehan rata-rata kelas mencapai 65 % dan prosentase ketuntasan belajar mencapai 68,75 %. Dan pada siklus II menunjukkan kenaikan, yaitu nilai rata-rata kelas mencapai 81,87 % dan prosentase ketuntasan belajar mencapai 96,84 %. Hal ini berarti target prosentase ketuntasan belajar sudah tercapai.
06SK060821.00 | SK PAI12.608 RID m C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain