SKRIPSI PAI
Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Melalui In House Training Di SMA N 1 Sragi Pekalongan Tahun Ajaran 2011 / 2012
Dalam menghadapi perkembangan abad 21 semua organisasi dituntut untuk meningkatkan sumber daya yang dimilikinya, baik sumber daya materil maupun sumber daya non materil. Dari semua sumber daya yang dimiliki oleh organisasi tertentu yang menjadi titik tumpunya adalah sumber daya manusia, karena kontribusi sumber daya manusia dinilai sangat signifikan dalam mencapai tujuan organisasi. Sama halnya dalam organisasi pendidikan, guru sebagai sumber daya manusia merupakan ujung tombak pendidikan yang langsung berhadapan dengan siswa dituntut harus memiliki kompetensi yang memadai juga memiliki keahlian untuk dapat dikatakan sebagai guru professional.
Kompetensi guru harus terus di asah, salah satunya dengan terpenuhinya segala kebutuhannya. Tidak hanya kebutuhan yang bersifat materi melainkan juga yang bersifat aktualisasi diri atau mengembangkan dirinya dan dapat meningkatkan kemampuannya melalui berbagai kegiatan, diantaranya dengan pelatihan guru yang dilakukan secara berkesinambungan. Kegiatan In House Training di SMA N 1 Sragi merupakan salah satu kegiatan pelatihan yang bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan setiap tenaga pendidikan yang meliputi: pertumbuhan keilmuan, wawasan berpikir, sikap terhadap pekerjaan, dan ketrampilan dalam melaksanakan tugasnya. Dalam hal ini penulis melakukan penelitian kegiatan IHT di SMA N 1 Sragi untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan IHT, serta bagaimana perannya dalam meningkatkan kompetensi, khususnya pedagogik guru.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif, yang hasil penelitiannya disajikan dalam bentuk deskripsi kata-kata. Jenis penelitian dalam penelitian ini ialah penelitian lapangan (field research), sebab objek penelitian yang dilakukan ialah langsung di SMA N 1 Sragi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini ialah, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data, dengan analisis kualitatif, dengan cara mengumpulkan dan menafsirkan kejadian nyata dalam kegiatan IHT dengan menggunakan kata-kata.
Hasil penelitian penulis ialah bahwa kegiatan IHT memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Kegiatan IHT dilaksanakan sendiri oleh pihak SMA N 1 Sragi bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan, sumber dana berasal dari Iuran Orang Tua (IOT) atas persetujuan komite sekolah, hal ini dikarenakan SMA N 1 Sragi senantiasa memberikan dukungan yang lebih pada peningkatan kompetensi guru. Dengan materi yang selalu disesuaikan dengan kebutuhan dan tuntutan pekerjaan kegiatan IHT selalu mendapat respon positif oleh para peserta kegiatan IHT, yaitu semua guru SMA N 1 Sragi.
05SK059921.00 | SK PAI12.599 KHO p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain