SKRIPSI PAI
Efektifitas Penerapan Kurikulum Al-Islam Di SD Muhammadiyah 03 Panjunan Petarukan Pemalang
Kurikulum Al-Islam dikembangkan di seluruh satuan pendidikan Muhammadiyah sesuai dengan jenjang pendidikan masing-masing. Kurikulum ini telah disempurnakan, berlaku tahun 2008/2009. Namun, di satuan pendidikan SD Muhammadiyah 03 Panjunan baru diberlakukan sejak tahun ajaran 2011/2012. Genap satu tahun Kurikulum Al-Islam diberlakukan di SD Muhammadiyah 03 Panjunan. Selama satu tahun itu, belum diketahui apakah pengembangan kurikulum yang diberlakukan telah mencapai keefektifan yang diharapkan sesuai dengan visi dan misi serta tujuan dari satuan pendidikan SD Muhammadiyah 03 Panjunan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana konsep dari kurikulum Al-Islam di SD Muhammadiyah 03 Panjunan, Bagaimana penerapan kurikulum Al-Islam di SD Muhammadiyah 03 Panjunan, dan Bagaimana efektifitas penerapan kurikulum Al-Islam di SD Muhammadiyah 03 Panjunan Petarukan Pemalang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu suatu pendekatan penelitian yang digunakan untuk meneliti kondisi obyek yang alamiah ( apa adanya ). Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field research), suatu penelitian yang dilakukan untuk melihat fakta di kancah atau di medan terjadinya gejala-gejala. Adapun tehnik pengumpulan data dari penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data kualitatif adalah bersifat induktif, suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh, selanjutnya dikembangkan pola hubungan tertentu atau menjadi hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kurikulum Al-Islam adalah kurikulum yang mengarahkan pada pengenalan, pemahaman dan penghayatan serta pengamalan ajaran islam yang menekankan keseimbangan, keselarasan dan keserasian hubungan manusia dengan Allah, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya sesuai dengan Al-Quran dan Al-Sunnah. Penerapan Kurikulum Al-Islam ini dilakukan dengan tiga aspek, yakni : aspek perangkat rencana pembelajaran, aspek strategi dan metode pembelajaran dan aspek penilaian pembelajaran. Berdasarkan evaluasi hasil belajar, seluruh peserta didik sudah mencapai keberhasilan nilai sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yakni 70, dengan prosentase keberhasilan prestasi mencapai 100%. Hal ini membuktikan bahwa Kurikulum Al Islam merupakan kurikulum yang efektif diterapkan di satuan pendidikan SD Muhammadiyah 03 Panjunan Petarukan Pemalang.
05SK059821.00 | SK PAI12.598 MUT e C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain