SKRIPSI PAI
Hubungan Antara Tingkat Pemahaman Iman Kepada Rasulullah Dengan Akhlak Siswa MTs Assaid Blado - Batang
Tingkat pemahaman iman kepada Rasulullah adalah dengan meyakini bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah dengan membenarkan segala apa yang beliau terangkan, bahwa iman itu berhajat kepada ikatan hati dan akuan lidah. Pemahaman iman kepada Rasulullah merupakan kepercayaan yang meresap ke dalam hati dengan penuh keyakinan serta memberi pengaruh bagi pandangan hidup. Akhlak siswa merupakan segala perbuatan yang timbul dari orang yang melakukan ikhtiar dan sengaja serta ia mengetahui waktu melakukannya. Rumusan masalahnya, bagaimana tingkat pemahaman iman kepada Rasulullah, Akhlak siswa, Hubungan antara tingkat pemahaman iman kepada Rasulullah dengan Akhlak siswa. Tujuan penelitian, untuk memahami tingkat pemahaman iman kepada Rasulullah, mengetahui Akhlak siswa mengertahui hubungan pemahaman iman kepada Rasulullah dengan akhlak.
Pendekatan yang digunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (Field research). Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, interview, angket, dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus product moment, hasil perhitungan kemudian diuji hipotesisnya.
Hasil analisisnya menunjukkan bahwa tingkat pemahaman iman kepada Rasulullah termasuk kategori cukup karena berada pada interval 39 - 42 yaitu sebesar 31,57 %. Sedangkan akhlak siswa MTs Assaid Blado Batang termasuk kategori cukup karena berada pada interval nilai 47 - 50 yaitu sebesar 29,82 %. Ternyata dari hasil perhitungan di atas, pada taraf signifikan 5 % diperoleh pada tabel = 0,254 tabel, karena nilai rxy = 0,454 lebih besar dari nilai tabel = 0,254 atau rxy > rtabel, pada taraf signifikan 1% diperoleh pada tabel = 0,330, karena nilai rxy = 0,454 lebih besar dari nilai tabel = 0,330 atau rxy > rtabel, sehingga dapat dikatakan bahwa ada hubungan antara variabel x (hubungan antara iman kepada Rasulullah) dengan variabel y (akhlak siswa). Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.
05SK059421.00 | SK PAI12.594 IST h C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain