SKRIPSI PAI
Korelasi Antara Pembelajaran Menggunakan Media LKS Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV Di MII Mentosari Kecamatan Gringsing Batang
Pembelajaran dalam dunia pendidikan memegang peranan yang penting dalam mengangkat kehidupan bangsa, karena dengan sebuah pembelajaran dapat mengaktualisasikan diri dalam ruang lingkup masyarakat yang luas. Pembelajaran dengan menggunakan media LKS dapat tersaji secara optimal dan mampu diserap oleh siswa jika didukung dengan motivasi yang kuat dari jiwa peserta didik, karena dengan motivasi yang kuat yang timbul maka akan mempengaruhi proses pemahaman belajar anak didik itu sendiri terhadap apa yang telah disampaikan oleh guru. Peran serta guru sangat penting karena sebagai pemberi pembelajaran guru perlu memperhatikan motivasi-motivasi peserta didiknya sehingga tujuan yang hendak diinginkan oleh guru bisa terlaksana. Begitu juga dengan pembelajaran media LKS di MII Mentosari dalam upaya memotivasi jiwa peserta didik sehingga tujuan yang akan dicapai dalam kompetensi pendidikan akan tercapai.
Adapun rumusan masalah adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media LKS yang digunakan di MII Mentosari?, bagaimana motivasi belajar peserta didik kelas IV di MII Mentosari ?, bagaimana korelasi antara pembelajaran menggunakan media LKS dengan motivasi belajar peserta didik kelas IV di MII Mentosari?. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media LKS yang digunakan di MII Mentosari, untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar peserta didik dan untuk mengetahui korelasi antara pembelajaran menggunakan media LKS dengan motivasi belajar peserta didik kelas IV di MII Mentosari.
Penelitian yang dilakukan dalam rangka penulisan skripsi ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reseach) karena data yang diambil berasal dari objek penelitian. Sumber data dalam penelitian ini ada 2 macam yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode interview, metode angket dan metode dokumentasi, sedangkan metode analisa data yang digunakan dalam menganalisa data yang diperoleh adalah menggunakan teknik analisis rumus
Hasil analisis bahwa pembelajaran menggunakan media LKS di MII Mentosari termasuk dalam kategori sangat baik. Terbukti memiliki nilai rata-rata 33,5 yang berada dalam interval 32,5 – 40 yang masuk dalam kategori kualifikasi sangat baik. Motivasi belajar peserta didik di MII Mentosari termasuk dalam kategori sangat baik. Terbukti memiliki nilai rata-rata 32,8 yang berada dalam interval 32,5 – 40 yang masuk dalam kategori sangat baik. Dari hasil perhitungan koefisien korelasi adalah 0,529, berarti terdapat korelasi positif yang cukup kuat antara pembelajaran menggunakan media LKS (variabel X) dengan motivasi belajar (variabel Y), karena pada taraf signifikan 5 % (rt = 0,404), dan pada taraf signifikan 1 % (rt = 0,515) nilai rxy = 0,529 (rxy > rt), maka disimpulkan terdapat korelasi positif yang signifikan antara pembelajaran menggunakan media LKS dengan motivasi belajar peserta didik di MII Mentosari Kecamatan Gringsing. Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.
05SK059321.00 | SK PAI12.593 SUG k C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain