SKRIPSI PAI
Korelasi Penerapan Metode Mind Mapping [Peta Pikiran] Dengan Prestasi Belajar PAI Siswa Di SMP N 02 Tarub Tegal
Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor dari dalam dan faktor dari luar peserta didik. Proses belajar mengajar merupakan salah satu faktor luar yang dominan mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Proses belajar mengajar dengan pemilihan strategi belajar yang tepat telah terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode mind mapping (peta pikiran) adalah cara mencatat yang kreatif, efektif, dan secara harfiah akan memetakan pikiran-pikiran kita. Dengan penerapan metode tersebut, akan mempengaruhi hasil belajar peserta didik baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik.
Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode mind mapping (peta pikiran) di SMP Negeri 02 Tarub Tegal?, bagaimana prestasi belajar PAI siswa di SMP Negeri 02 Tarub Tegal? Dan adakah korelasi penerapan metode mind mapping (peta pikiran) dengan prestasi belajar PAI siswa di SMP Negeri 02 Tarub Tegal? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode mind mapping (peta pikiran) di SMP N 02 Tarub Tegal, untuk mendeskripsikan tingkat prestasi belajar PAI siswa di SMP Negeri 02 Tarub Tegal, dan untuk mengetahui korelasi penerapan metode mind mapping (peta pikiran) dengan prestasi belajar PAI siswa di SMP Negeri 02 Tarub Tegal.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan secara kuantitatif. Adapun variabel yang digunakan ada dua yaitu variabel bebas (penerapan metode mind mapping) dan variabel terikat (prestasi belajar PAI). Sedangkan untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Untuk menganalisis data penulis menggunakan rumus t-test.
Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan korelasi product moment dapat terlihat adanya korelasi antara penerapan metode mind mapping (peta pikiran) dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI. Hal ini dapat dibuktikan juga melalui prosentase hasil pengamatan siklus I dan siklus II dengan menggunakan metode mind mapping dengan taraf signifikansi 5% pada df 35 adalah 0,334 sedangkan untuk taraf 1% pada df 35 adalah 0,430. Setelah keduanya dikorelasikan dengan menggunakan rumus t-test diperoleh t-test = 9,211 di mana nilai tersebut berarti lebih besar baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Hal ini berarti bahwa penerapan metode mind mapping (peta pikiran) mempunyai pengaruh positif yang signifikan dengan prestasi belajar PAI siswa di SMP Negeri 02 Tarub Tegal sehingga hipotesis yang penulis ajukan diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka diajukan agar penerapan metode mind mapping yang ada di SMP N 02 Tarub perlu ditingkatkan lagi agar mempunyai kualifikasi yang lebih baik.
05SK059221.00 | SK PAI12.592 LAE k C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain