SKRIPSI PAI
Upaya Tutor Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al Quran Di Keaksaraan Fungsional Aisyiyah Desa Bener Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan
Kesulitan belajar yang di alami oleh peserta didik itu akan termanipulasi dalam berbagai macam gejala. Sejalan dengan kesulitan belajar tidak hanya sekedar kesulitan belajar dalam hal berhitung, menulis, maupun mengerjakan soal-soal dari guru saja, melainkan kesulitan belajar yang berkaitan dengan hal membaca Alquran sering kali terdapat suatu hambatan yang membacanya.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana kesulitan belajar membaca Al-Quran peserta didik di Keaksaraan Fungsional Aisyiyah Desa Bener Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan?, Bagaimana bentuk tindakan tutor dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Quran peserta didik di Keaksaraan Fungsional Aisyiyah Desa Bener Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan? dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat bagi tutor mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Quran peserta didik di Keaksaraan Fungsional Aisyiyah Desa Bener Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar membaca Al-Quran peserta didik di Keaksaraan Fungsional Aisyiyah Desa Bener Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan,untuk mengetahui bentuk tindakan tutor dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Quran peserta didik di Keaksaraan Fungsional Aisyiyah Desa Bener Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat bagi tutor mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Quran peserta didik di Keaksaraan Fungsional Desa Bener Kecamatan Wiradesa Aisyiyah Kabupaten Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi,dan interview, Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif.
Hasil analisis dari penelitian yaitu Kesulitan belajar membaca Al-Quran di Keaksaraan Fungsional Aisyiyah Desa Bener Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan adalah para peserta didik sebagian besar sudah lanjut usia sehingga dalam mengenali huruf Hijaiyah maupun melafalkan sangat kesulitan,bentuk tindakan tutor dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Quran dengan berbagai macam pengembangan cara atau metode dan dengan penggunaan media pembelajaran secara praktis dan efesien, faktor pendukung tutor dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Quran adalah minat belajar yang tinggi dari peserta didik, dan faktor penghambatnya adalah karena kebanyakan peserta didik berusia lanjut sehingga daya kemampuan peserta didik dalam standar yang belum begitu baik, atau masih dalam keadaan yang cukup,dan masih kurangnya sarana dan prasana dalam kegiatan belajar membaca Al-Quran Keaksaraan Fungsional di Desa Bener Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan.
05SK058421.00 | SK PAI12.584 ROS u C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain