SKRIPSI PAI
Usaha Orang Tua Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN 01 Menjangan Bojong Kabupaten Pekalongan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Orang tua merupakan salah satu figur penting bagi keberhasilan prestasi belajar anak di sekolah. Orang tua yang mempunyai perhatian terhadap pendidikan anak, maka akan menciptakan anak yang mempunyai semangat dan motivasi yang tinggi terhadap pendidikan. Namun sebaliknya orang tua yang tidak atau kurang memiliki perhatian terhadap pendidikan anaknya, maka anak akan cenderung merasa malas dan enggan untuk belajar, yang pada akhirnya akan berdampak kepada prestasi belajar anak itu sendiri di sekolah. Prestasi belajar merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan belajar mengajar. Semakin tinggi prestasi belajar yang diraih maka dapat dikatakan bahwa kegiatan belajar mengajar tersebut telah berhasil. Namun sebaliknya, jika semakin rendah prestasi belajar yang diraih maka dapat dikatakan bahwa kegiatan belajar mengajar tersebut tidak atau belum berhasil. Oleh karena itu dibutuhkan usaha untuk meningkatkan prestasi belajar tersebut, salah satunya adalah melibatkan orang tua untuk ikut memperhatikan pendidikan anaknya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana usaha orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V di SDN 01 Menjangan Bojong Kabupaten Pekalongan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam? Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat usaha orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V di SDN 01 Menjangan Bojong Kabupaten Pekalongan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam?. Tujuan penelitian adalah untuk mengeksplorasi usaha orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, serta untuk memaparkan faktor yang mendukung dan menghambat usaha orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V di SDN 01 Menjangan Bojong Kabupaten Pekalongan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kegunaan penelitian adalah untuk memberikan informasi bagi orang tua tentang pentingnya meningkatkan prestasi belajar pada anak khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah orang tua, guru dan siswa kelas V SDN 01 Menjangan Bojong Kabupaten Pekalongan, sedangkan sumber data sekunder adalah dokumen dan buku penunjang lain yang relevan. Metode pengumpulan data adalah metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang ada digunakan analisis data kualitatif dengan metode deskriptif analisis.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Usaha orang tua untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SDN 01 Menjangan Bojong Kabupaten Pekalongan, di antaranya: orang tua membimbing anak dalam belajar, diwujudkan dalam bentuk orang tua menemani anak belajar, orang tua membuatkan jadwal belajar anak, orang tua memantau secara langsung kegiatan anak, orang tua memberikan pujian atau hadiah kepada anak, orang tua memberikan hukuman yang bersifat mendidik, serta orang tua menyediakan sarana belajar anak. 2) Faktor-faktor yang mendukung prestasi belajar siswa, meliputi: faktor internal berupa minat belajar anak, faktor eksternal terdiri dari letak sekolah strategis, fasilitas sekolah yang lengkap, tugas, ulangan, dan nilai, banyaknya teman, do’a dari orang tua, serta iklim atau suasana keluarga. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat pretasi belajar siswa, meliputi: faktor internal berupa tingkat kecerdasan atau intelegensi siswa, faktor eksternal terdiri dari tugas sekolah yang susah dikerjakan, kedisiplinan guru, cuaca yang tidak mendukung, terbatasnya sumber belajar, serta lingkungan sekitar sekolah.
05SK058221.00 | SK PAI12.582 SIL u C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain