SKRIPSI PAI
Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Membentuk Kepribadian Siswa Kelas IX Di MTs Nurul Ulum Pengiringan
Akidah dan Akhlak merupakan dasar yang utama dalam pembentukan kepribadian manusia yang seutuhnya. Pendidikan yang mengarah pada terbentuknya kepribadian berakhlak merupakan hal yang pertama yang harus dilakukan, sebab akan melandasi kestabilan kepribadian secara keseluruhan. Begitu pula dengan pendidikan akidah akhlak di MTs Nurul Ulum Pegiringan ini masih terdapat banyak kendala-kendala diantaranya yaitu pendekatan pemebelajaran akidah akhlak yang masih bersifat normatif dan teoritis, kurangnya keikutsertaan guru mata pelajaran lain dalam memberi motivasi kepada peserta didik untuk mempraktekan nilai-nilai keyakinan tauhid dan akhlākul kariāmah dalam kehidupan sehari-hari. Lalu lemahnya sumber daya guru dalam pengembangan pendekatan dan metode yang lebih variatif, minimnya berbagai sarana pelatihan dan pembangunan, serta rendahnya peran serta orang tua siswa.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran akidah akhlak kelas IX di MTs Nurul Ulum Pegiringan dan bagaimana pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk kepribadian siswa kelas IX di MTs Nurul Ulum Pegiringan. Sedangkan tujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran akidah akhlak kelas IX di MTs Nurul Ulum Pegiringan dan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk kepribadian siswa kelas IX di MTs Nurul Ulum Pegiringan. kemudian kegunaan penelitian ini adalah dapat digunakan sebagai pendorong dalam meningkatkan pembelajaran akidah akhlak dan dapat membantu guru dan orang tua anak didik di MTs Nurul Ulum Pegiringan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, artinya suatu pendekatan dalam melakukan penelitian yang berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi lapangan (field research). Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif..
Jadi Pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak kelas IX di MTs Nurul Ulum Pegiringan dapat dikategorikan baik, karena pembelajaran akidah akhlak di MTs Nurul Ulum Pegiringan sudah mencakup tujuan yaitu terbentuknya peserta didik yang memiliki ilmu pengetahuan, keimanan, dan keluhuran akhlak. pendidikan akhlak merupakan bimbingan yang diberikan kepada siswa untuk melatih mereka supaya berakhlak mulia dan memiliki kebiasaan yang terpuji, sehingga akhlak dan adat kebiasaan tersebut terbentuk menjadi karakter dan sifat tertancap kuat dalam Kepribadian setiap orang. Peserta didik sudah mempunyai wawasan tentang pelajaran akidah akhlak sehingga mereka dapat memahami dan membiasakan bagaimana menjalankan kehidupan sehari-hari agar tidak menyimpang sesuai dengan ajaran Islam.
05SK058021.00 | SK PAI12.580 PRA p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain