SKRIPSI PAI
Korelasi Antara Kompetensi Pedagogik Guru PAI Dengan Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas V SDN 01 Tegalontar Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2011/2012
Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kualifikasi guru yang penting. Bila kompetensi ini tidak ada pada diri seorang guru, maka ia tidak akan berkompeten dalam melakukan tugasnya. Untuk maksud ini peneliti hendak meneliti sejauhmana kompetensi pedagogik guru PAI dari SDN 01 Tegalontar, Sragi, Kabupaten Pekalongan.
Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan adalah : Bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI SDN 01 Tegalontar? Bagaimana motivasi belajar PAI siswa kelas V SDN 01 Tegalontar? Bagaimana korelasi antara kompetensi pedagogik guru PAI dengan motivasi belajar PAI siswa kelas V SDN 01 Tegalontar? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru PAI SDN 01 Tegalontar dan motivasi belajar PAI siswa kelas V SDN 01 Tegalontar serta untuk mengetahui korelasi antara kompetensi pedagogik guru PAI dengan motivasi belajar PAI Siswa kelas V SDN 01 Tegalontar.
Metode Penelitian meliputi desain penelitian, dimana penulis menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan penelitiannya adalah penelitian lapangan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 01 Tegalontar yang berjumlah 37 siswa. Sementara teknik pengumpulan datanya adalah observasi, interview, dokumentasi dan angket. Sedangkan analisis data, digunakan teknik analisis statistik, dimana menggunakan rumus korelasi product moment.
Dari penelitian yang dilakukan penulis Bahwasanya kompetensi pedagogik guru PAI SDN 01 Tegalontar, termasuk dalam kategori cukup baik, hal ini berdasarkan hasil analisis yang menunjukkan pada interval 67 - 69 dengan persentase 40,5 %. Berkenaan dengan tingkat motivasi belajar siswa kelas V SDN 01 Tegalontar juga termasuk dalam kategori cukup baik, hal ini hal ini berdasarkan hasil analisis yang menunjukkan pada interval 67 - 69 dengan persentase 45,8%. Dalam penelitian yang dilakukan penulis di SDN 01 Tegalontar ditemukan bahwa kompetensi pedagogik guru PAI mempunyai korelasi yang siginifikan dengan motivasi belajar PAI siswa kelas V SDN 01 Tegalontar. Hal ini terbukti pada tingkat kesalahan 5% rt = 0,334, sementara ǀrbǀ = 0,497, dengan demikian ǀrbǀ > rt berarti Ho ditolak dan Ha diterima, pada tingkat kesalahan 1 % rt = 0,430, sementara ǀrbǀ = 0,497, dengan demikian ǀrbǀ > rt berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Baik pada tingkat kesalahan 5% maupun 1% membuktikan bahwa ǀrbǀ > rt. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa setelah diadakan pengujian hipotesis yang penulis ajukan, Ha diterima, baik pada tingkat kesalahan 5% maupun 1%.
05SK057921.00 | SK PAI12.579 IST k C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain