SKRIPSI PAI
Upaya Peningkatan Kemampuan Menghafal Al Quran Hadits Keutamaan Memberi Dengan Metode Menulis Pada Siswa Kelas VI Di MIS Dadirejo Tirto Pekalongan Tahun Pelajaran 2012/2013
Penelitian ini diawali dengan adanya pertanyaan, apakah metode hafalan telah mulai ditinggalkan pasca hadirnya berbagai teori pembelajaran yang mengagungkan kreativitas yang memberi jalan pintas untuk mempelajari suatu hal tanpa harus repot-repot menghafal. Bahkan metode hafalan dikonotasikan dengan metode yang sudah kuno, out of date, tak memiliki nilai kreativitas, dan hanya dengan metode pemahamanlah proses belajar akan lebih bermakna.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode menulis untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran Hadits materi Hadits tentang Keutamaan Memberi bagi Siswa Kelas VI MIS Dadirejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menghafal siswa dengan diterapkannya metode menulis pada Al-Quran Hadits materi Hadits tentang Keutamaan Memberi pada Siswa Kelas VI di MIS Dadirejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Sedangkan kegunaan penelitan ini adalah bagaimana konsep metode menulis khususnya dalam pembelajaran Al-Quran Hadits di Madrasah.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research) dengan pendekatan kuantitatif. Model penelitian tindakan kelas ini adalah model spiral dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari beberapa siklus tindakan dalam pembelajaran berdasarkan refleksi hasil dari tindakan pada siklus sebelumnya. Tehnik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes.
Hasil penelitian pembelajaran yang dilakukan selama dua siklus dan berdasarkan pembahasan serta analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode menulis memiliki dampak yang sangat positif dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan menghafal siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits materi Hadits tentang Keutamaan Memberi. Hal ini ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa yang cukup signifikan dari dua siklus yang dilaksanakan, yaitu 54% pada siklus I menjadi 100% pada siklus siklus II, dengan nilai rata-rata pada siklus I (73) dan siklus II (89) karena peserta didik semakin termotivasi untuk melakukan hafalan dan kemampuan menghafal peserta didik semakin meningkat dan dengan penggunaan metode menghafal kontemporer yaitu metode menghafal dengan cara menulis dapat menjadikan menghafal semakin mudah dan menyenangkan yang dapat mengikis mental peserta didik yaitu menghafal merupakan sesuatu yang menjenuhkan dan sulit dilaksanakan.
05SK057521.00 | SK PAI12.575 FAT u C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain