SKRIPSI PAI
Pelaksanaan Pendidikan Nilai - Nilai Islam Dalam Keluarga Di Perumahan Wayang Panjang Indah Kota Pekalongan
Pendidikan nilai-nilai Islam merupakan sifat-sifat atau hal-hal yang melekat pada pendidikan yang digunakan sebagai dasar manusia untuk mencapai tujuan hidup yaitu mengabdi kepada Allah. Nilai-nilai tersebut perlu ditanamkan pada anak sejak kecil karena pada waktu itu adalah masa yang tepat untuk menanamkan kebiasaan yang baik. Pendidikan nilai-nilai Islam dalam keluarga sudah berlangsung sejak anak berada dalam kandungan sampai ia meninggal dunia. Pengaruh keluarga dalam pendidikan anak sangat besar, karena keluarga yang menyiapkan potensi pertumbuhan dan pembentukan kepribadian anak, sehingga kepribadian anak tergantung pada pemikiran dan tingkah laku ke dua orang tua serta lingkungannya.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan pendidikan nilai-nilai Islam dalam keluarga di perumahan Wayang Panjang Indah kota Pekalongan? dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan pendidikan nilai-nilai Islam dalam keluarga di perumahan Wayang Panjang Indah kota Pekalongan?. Sedangkan tujuan penelitian ini diharapkan dapat berguna secara teoritis yang dapat menambah khasanah dan secara praktis bagi orang tua, anak dan keluarga.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan metode berfikir induktif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan nilai-nilai Islam dalam keluarga di perumahan Wayang Panjang Indah kota Pekalongan dilaksanakan untuk menanamkan pendidikan nilai-nilai Islam dalam diri anak, seperti pendidikan nilai akidah, pendidikan nilai akhlak, pendidikan nilai ibadah, pendidikan nilai sosial dan pendidikan nilai seks. Dalam pelaksanaannya terdapat berbagai mcam metode yang dilakukan oleh orang tua yaitu metode keteladanan, metode pembiasaan, metode reward and punishment dan metode kedisiplinan. Faktor yang mendukung pelaksanaan pendidikan nilai-nilai Islam dalam keluarga di perumahan Wayang Panjang Indah kota Pekalongan adalah pola asuh orang tua dan faktor lingkungan, sedangkan faktor yang menghambat diantaranya adalah faktor intern yang meliputi pola asuh orang tua yang acuh terhadap pendidikan agama anak dan minimnya pengetahuan agama orang tua, sedangkan faktor ekstern adalah pengaruh media massa.
05SK057421.00 | SK PAI12.574 AIS p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain