SKRIPSI PAI
Upaya Peningkatan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas V SDN Klidang Lor 02 Batang Melalui Metode Belajar Kelompok Tahun Pelajaran 2011/2012
Belajar kelompok adalah salah satu metode belajar yang bisa diandalkan untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa. Dengan belajar kelompok siswa diajarkan untuk saling bertukar pikiran dan berdiskusi mengenai permasalahan dan solusi yang tepat dalam menyelesaikan soal-soal yang ada. Berkaitan dengan masalah belajar kelompok ini, maka sebagaiguru hendaknya juga turut menentukan kegiatan dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan, karena pada dasarnya belajar kelompok inimempunyai serangkaian tujuan yang sesuai dengan tujuan pelaksanaan pendidikan. Dengan adanya belajar kelompok diharapkan siswa akan lebih meningkat dalam prestasi belajarnya.
Adapun rumusan masalah adalah: Bagaimana penerapan metode belajar kelompok di SDN Klidang Lor 02 Batang. Bagaimana prestasi belajar siswa kelas V SDN Klidang Lor Batang. Bagaimana efektivitas metode belajar kelompok dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN Klidang Lor Batang. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode belajar kelompok di SDN Klidang Lor 02 Batang. Untuk mengetahui bagaimana prestasi siswa di SDN Klidang Lor 02 Batang. Untuk mengetahui efektivitas metode belajar kelompok dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SDN Klidang Lor 02 Batang.
Pendekatan yang digunakan adalah dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu penelitian yang bertujuan untuk melakukan tindakan perbaikan, terutama ditujukan pada kegiatan pembelajaran atau proses belajar mengajar di kelas. Sedangkan jenis penelitiannya merupakan penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan metode eksperimen, dokumentasi, dan teknis tes. Sumber data yaitu sumber data primer dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Sedangkan sumber pendukung dalam penelitian ini adalah buku-buku yang berkaitan dengan judul penelitian ini. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis pendahuluan dan lanjutan, yaitu menganalisis data-data hasil siklus I dan II yang kemudian dibuat persentase kenaikan yang terjadi dan selanjutnya diambil sebuah kesimpulan.
Hasil analisis dari penelitian yaitu bahwa pelakasanaan PTK yang dilakukan dengan metode pembelajaran kelompok berjalan dengan baik. hal itu terbukti dengan adanya peningkatan hasil prestasi siswa dalam siklus I dan II. Hasil prestasi siswa sebelum dilakukan tindakan yaiu hanya mendapat nilai rata-rata 66,88 dengan persentase ketuntasan 50%. Setelah dilakukan tindakan yaitu siklus I maka nilai rata-rata hasil prestasi belajar menjadi 73,44 dengan persentase ketuntasan 65,63%. Pada tahap akhir yaitu siklus II terjadi kenaikan dengan hasil prestasi siswa menunjukkan nilai rata-rata 80,31 dengan persentase ketuntasan 87,5%.
05SK057021.00 | SK PAI12.570 CHA u C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain