SKRIPSI PAI
Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar PAI Pada Siswa SMA Terbuka Ki Hajar Dewantara Di Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan
Dalam soal belajar, motivasi itu sangat penting. Motivasi adalah syarat mutlak untuk belajar. Di sekolah seringkali terdapat anak yang malas, tidak menyenangkan, suka membolos, dan sebagainya. Dalam hal demikian berarti bahwa guru tidak berhasil memberikan motivasi yang tepat untuk mendorong agar ia bekerja dengan segenap tenaga dan pikirannya. Permasalahan yang penulis kemukakan dalam penelitian ini meliputi: Bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI pada siswa SMA terbuka Ki Hajar Dewantara di kecamatan Siwalan kabupaten Pekalongan?
Tujuan dan kegunaan penelitian ini: Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI dan supaya dapat memberikan pandangan kepada guru dan siswa bahwa motivasi belajar dapat mendukung prestasi belajar PAI SMA terbuka Ki Hajar Dewantara di kecamatan Siwalan kabupaten Pekalongan kegunaan dalam penelitian ini adalah Sebagai bahan kajian bagi penulis dalam menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang motivasi dan prestasi belajar.
Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Kuantitatif. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan, dimana dalam melaksanakan penelitian ini penulis melakukan suatu penelitian terhadap sebuah kasus atau masalah pada suatu tempat yaitu SMA Terbuka Ki hajar Dewantara di Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, interview (wawancara), dokumentasi dan jenis analisis datanya menggunakan Product moment.
Dari hasil nilai akhir menunjukkan bahwa Motivasi Belajar SMA Terbuka Ki Hajar Dewantara termasuk dalam katagori kurang, karena memiliki nilai rata-rata 37 berada pada interval 35 – 37. Berdasarkan nilai PAI menunjukkan bahwa prestasi belajar PAI di SMA Terbuka Ki Hajar Dewantara Siwalan Pekalongan termasuk kategori baik, karena memiliki nilai rata-rata 82 berada pada interval 81–83. Dengan demikian Motivasi belajar tidak ada pengaruh terhadap prestasi belajar PAI. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilair_(xy=) 0,167 pada taraf signifikan 5% diperoleh rt= 0,294 sedangkan pada taraf signifikan 1% diperoleh rt= 0,382 yang menandakan Ha di tolak dan Ho diterima.
05SK056821.00 | SK PAI12.568 AFI p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain