SKRIPSI PAI
Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Mengajar Terhadap Pengembangan Potensi Kognitif Siswa Di SD Negeri 01 Ketapang Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang
Pada dasarnya kreativitas merupakan suatu hal yang mendasar dan yang ada pada setiap diri manusia. Proses belajar mengajar yang efektif adalah adanya interaksi antara siswa dan guru terutama dalam penggunaan media sehingga dapat mengembangkan kreativitas pada guru. Menjadi seorang guru berdasarkan tuntutan pekerjaan adalah suatu perbuatan yang mudah, tetapi menjadi guru berdasarkan panggilan jiwa atau tuntutan hati nurani adalah tidak mudah, karena guru dituntut memiliki berbagai keterampilan atau kreativitas mengajar, strategi belajar mengajar yang tepat, dan kemampuan melaksanakan evaluasi yang baik. Menjadi guru kreatif tidaklah terbentuk secara tiba-tiba, melainkan lahir dari proses pergumulan dengan ruang dan waktu seiring pengalaman yang dilaluinya. Guru yang kreatif artinya guru yang memiliki daya cipta, misalnya dalam menyiapkan metode, perangkat, media dan muatan materi pembelajaran. Dari kreativitas guru tersebut, akan menular pada siswa secara jangka pendek maupun panjang. Karena siswa disadari atau tidak, cenderung belajar dari aktivitas dan kreativitas gurunya dalam proses pembelajaran. Kegiatan belajar yang variatif, dapat merangsang semangat dan rasa penasaran siswa untuk terus belajar. Peranan guru disini yaitu agar mampu menciptakan serangkaian kreativitas yang saling berkaitan, yang dilakukan dalam suatu situasi tertentu serta berhubungan dengan kemajuan perubahan kognitif siswa sebagai tujuannya.
Dalam penelitian ini penulis memaparkan rumusan masalah yaitu, Adakah pengaruh kreativitas guru dalam mengajar terhadap pengembangan potensi kognitif siswa pada SD Negeri 01 Ketapang? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru dalam mengajar, pengembangan potensi kognitif siswa, dan korelasi antara kreativitas guru dalam mengajar terhadap pengembangan potensi kognitif siswa pada SD Negeri 01 Ketapang Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Adapun variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu kreativitas guru dalam mengajar dan variabel terikat yaitu kecerdasan kognitif siswa. Adapun populasinya adalah peserta didik kelas IV dan V SD Negeri 01 Ketapang yang berjumlah 72. Karena subyeknya kurang dari 100, maka subyeknya diambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, wawancara, dan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam mengajar di SD Negeri 01 Ketapang mempunyai nilai rata-rata 67,64 yang termasuk dalam kategori kualifikasi tinggi, kecerdasan kognitif siswa SD Negeri 01 Ketapang mempunyai nilai rata-rata 71,03 yang termasuk kategori tinggi. Setelah diadakan perhitungan statistik dengan rumus product moment dan program SPSS 16.0 didapatkan nilai rxy = 0,851 terletak pada interval nilai 0,71-0,90 pada tabel patokan interpretasi nilai r, maka dengan demikian dapat diartikan bahwa antara kreativitas guru terhadap kecerdasan terdapat korelasi positif yang kuat, sehingga kreativitas guru mempunyai pengaruh positif dengan kecerdasan kognitif siswa SD Negeri 01 Ketapang. Hal ini dapat dibuktikan pada interpretasi secara cermat, untuk jumlah data N=72 dalam tabel r product moment untuk taraf siginifikan 5% didapat rtabel=0,235 dan untuk taraf signifikan 1% didapat rtabel=0,306. Dengan demikian rxy lebih besar daripada rtabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Hal ini berarti terdapat korelasi positif yang signifikan antara kreativitas guru dalam mengajar dengan kecerdasan kognitif siswa SD Negeri 01 Ketapang baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan diterima.
05SK056321.00 | SK PAI12.563 ROZ p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain