SKRIPSI PAI
Strategi Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Di TK Muslimat NU Gembong Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan
Anak usia dini merupakan masa periode emas sekaligus masa kritis di mana perkembangan yang didapatkan pada periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan pada periode berikutnya hingga masa dewasanya. Perilaku sosial atau nonsosial dibina pada awal masa kanak-kanak oleh karena itu, pengalaman sosial awal sangat menentukan kepribadian anak. Taman Kanak-kanak merupakan salah satu lembaga pendidikan yang diselenggarakan untuk anak usia dini. Oleh karena itu, salah satu keuntungan pendidikan prasekolah yaitu dapat memberikan pengalaman sosial dibawah bimbingan guru yang terlatih, yang membantu mengembangkan hubungan sosial yang menyenangkan.
Penelitian ini akan menjawab dua permasalahan, yaitu:1). Bagaimana strategi pengembangan kecerdasan interpersonal anak usia dini di TK Muslimat NU Gembong Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan?, 2). Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pengembangan kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini?. Sedangkan tujuan penelilitian ini adalah Untuk mengetahui strategi pengembangan kecerdasan interpersonal anak usia dini dan Untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat pengembangan kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di TK Muslimat NU Gembong kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis interaktif, dengan meliputi empat tahap yaitu pengambilan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa strategi pengembangan kecerdasan interpersonal anak usia dini di TK Muslimat NU Gembong Kedungwuni dilaksanakan dalam mengembangkan kemampuan / keterampilan sosial melalui berbagai metode pembelajaran anatara lain dengan metode proyek, metode bermain, metode tanya jawab, menetapkan aturan tingkah laku, menanamkan sikap empati pada anak, melatih kesabaran menunggu giliran serta menyelesaikan konflik secara tuntas. Faktor yang mendukung pengembangan kecerdasan interpersonal anak meliputi: metode, media, program kemandirian anak, tenaga pengajar/guru dan teman bermain, sedangkan mengenai faktor yang menghambat di antaranya adalah anak yang pemalu, guru yang kurang luwes dalam berkomunikasi dengan anak dan pola asuh orang tua yang protektif. Hasil pengembangan kecerdasan interpersonal anak usia dini yang diterapkan cukup baik, artinya ada kemajuan dalam keterampilan sosial anak.
05SK056221.00 | SK PAI12.562 LIA s C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain