SKRIPSI PAI
Peran Pembelajaran Tematik Tema Kegiatan Dalam Mengembangkan Kreatifitas Peserta Didik Kelas III SDN Randu 03 Desa Randu Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang
Hasil penelitian adalah 1]. Pembelajaran Tematik tema kegiatan bagi siswa kelas III SDN Randu 03 Desa Randu Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang, meliputi : a.> Kegiatan awal, b.> Kegiatan inti, terdiri dari : eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, c.> Kegiatan akhir. 2.] Kreatifitas Peserta Didik kelas III SDN Randu 03 Desa Randu Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang diwujudkan dengan anak diberi kebebasan dalam melakukan kegiatan, begitu juga dalam cara belajarnya. Sebagai contoh : a.> Memberikan anak berbagai macam bahan-bahan yang nyata yang dapat digunakan anak untuk mewujudkan ide-idenya. b.> Melatih anak untuk mandiri dengan menerapkan metode pendidikan para ilmuwan, c.> Dalam sebuah kegiatan sentra seni, anak diberi kegiatan mewarnai sebuah pohon. Di sini guru hanya memberikan contoh cara mewarnai pohon, tetapi anak diberi kesempatan untuk berkreasi. Adapun pengaruh pembelajaran tematik tema kegiatan bagi siswa kelas III SDN Randu 03 Desa Randu Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang adalah sebagai berikut : a.> Anak lebih bebas untuk berkreasi dan bereksplorasi, b.> Anak menjadi lebih mandiri, c.> Anak lebih berani mengambil keputusan, d.> Anak yang cengeng menjadi lebih berani, e.> Anak lebih bersemangat dalam belajar karena lingkungan belajar yang menarik. 3.] Peran pembelajaran tematik tema kegiatan terhadap pengembangan Kreatifitas Peserta Didik kelas III SDN Randu 03 Desa Randu Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang, meliputi : a.> Peran bagi guru adalah agar pembelajaran menjadi lebih bermakna, menarik, menyenangkan dan utuh. b.> Peran bagi siswa adalah agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran yang bervariasi dan aktif, c.>Peran terhadap sarana prasarana, sumber belajar dan media adalah mengoptimalkan penggunaan sarana prasarana, sumber belajar dan media pembelajaran yang bervariasi. d.> Peran terhadap pengaturan ruangan adalah siswa tidak harus selalu hanya duduk di kursi, tetapi dapat duduk di tikar atau di karpet. e.> Peran terhadap pemilihan metode adalah pembelajaran yang dilakukan perlu disiapkan berbagai variasi kegiatan dengan menggunakan multi metode, misalnya percobaan, bermain peran, tanya jawab, demonstrasi, dan bercakap-cakap.
00SK005621.00 | SK PAI12.056 ULY p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain