SKRIPSI PAI
Modernisasi Sistem Pendidikan Pesantren Menurut Azyumardi Azra
Keberadaan Pesantren merupakan cikal bakal terbentuknya pendidikan di Indonesia. Jika dibandingkan dengan lembaga pendidikan yang ada di negeri ini, Pesantren merupakan sistem pendidikan tertua serta dianggap sebagai produk budaya di Indonesia yang (Keaslian). Pesantren mengemban beberapa peran, terutama sebagai lembaga pendidikan. Jika ada lembaga pendidikan Islam yang sekaligus juga memainkan peran sebagai lembaga bimbingan keagamaan, keilmuan, kepelatihan, pengembangan masyarakat dan juga menjadi simpul budaya maka itulah pondok pesantren. Tentu saja peran itu tidak langsung terbentuk, melainkan melalui tahap demi tahap. Seiring dengan perkembangan zaman, pendidikan pesantren juga mengalami modernisasi serta pengembangan, khususnya kurikulum dan metode pembelajaran. Sebagian pesantren telah mengakomodasi program pendidikan madrasah atau sekolah dan sebagian lagi tetap mempertahankan pola pendidikan khas pesantren yang telah lama berlaku baik kurikulum atau metode pembelajarannya, sehingga sering disebut sebagai pondok pesantren Salafiyah. Akan tetapi pada kenyataannya di masyarakat, nahwa ada pondok pesantren yang telah mengalami modernisasi malah meninggalkan kekhasan pondok pesantren itu sendiri.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana Modernisasi sistem pendidikan pesantren menurut Azyumardi Azra?, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Modernisasi sistem pendidikan pesantren menurut Azyumardi Azra
Jenis penelitiannya adalah penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer adalah karya-karya Azyumardi Azra dan data sekunder adalah sumber yang relevan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode membaca, memahami, mempelajari dan menganalisis. Dan untuk menganalisis data menggunakan metode deskriptif dan content analisis. Dan akhirnya ditarik dengan kesimpulan.
Dari hasil penelitian kualitatif yang penulis laksanakan menurut Azra menunjukkan bahwa respon pesantren terhadap modernisasi pendidikan Islam dan perubahan sosial ekonomi yang berlangsung dalam masyarakat Indonesia sejak awal abad ini mencakupi : Pertama, Pembaharuan substitansi atas isi pendidikan pesantren dengan memasukkan subyek-subyek umum dan vacational. Kedua, Pembaharuan Metodologi,seperti Sistem klasikal, perjenjangan. Ketiga, Pembaharuan kelembagaan, seperti kepemimpinan pesantren, Diversifikasi lembaga pendidikan dan keempat, Pembaharuan Fungsi, dari fungsi kependidikan untuk juga mencakup fungsi sosial ekonomi.
05SK055721.00 | SK PAI12.557 ART m C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain