SKRIPSI PAI
Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Di TPQ Miftahul Ulum Kabundalem Kecamatan Batang
Latar Belakang Masalah: Media kartu huruf seringkali digunakan dalam pembelajaran sekolah formal. Namun seiring berkembangnya dunia pendidikan media kartu huruf mulai digunakan dalam lembaga-lembaga non formal, seperti TPQ. Media kartu huruf sendiri merupakan alat bantu yang memudahkan bagi siswa yang sedang dalam taraf pengenalan dan pengembangan khususnya anak-anak TK-SD. Media kartu ini melatih anak untuk mengenal bentuk huruf melalui permainan sehingga tidak menjemukan dan menjadikan anak tertarik dan mau mengikuti pembelajaran. Hal tersebut membawa dampak positif, baik terhadap diri siswa itu sendiri maupun terhadap gurunya. Media kartu huruf ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah santri di TPQ MIftahul Ulum, khususnya jilid 1 A.
Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penggunaan media kartu huruf pada santri di TPQ Miftahul Ulum Kabundelan Kecamatan Batang?, Apakah penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah santri di TPQ Miftahul Ulum Kabundelan Kecamatan Batang?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media kartu huruf pada santri di TPQ Miftahul Ulum Kabundelan Kecamatan Batang, untuk mendeskripsikan penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah santri di TPQ Miftahul Ulum Kabundelan Kecamatan Batang.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif dengan memakai proses berfikir secara induktif.
Hasil dari penelitian ini dapat dikatakan bahwa ada peningkatan dalam kemampuan membaca huruf hijaiyah pada santri TPQ Miftahul Ulum, khususnya bagi santri jilid 1A. Sebelum menggunakan media kartu huruf santri masih perlu dibimbing dan dituntun oleh pengajar tiap membaca dan melafadzkan huruf hijaiyah. Namun setelah menggunakan media kartu huruf dalam kegiatan belajar mengajar, santri jadi dapat membaca, dan memahami tiap huruf hijaiyah sendiri. Penggunaan media kartu huruf ini juga mempunyai banyak manfaat untuk santri maupun ustadz/ustadzahnya, seperti: menjadikan kegiatan pembelajaran aktif, jelas dan menjadikan anak lebih cepat tahu bentuk dari huruf hijaiyah, mudah untuk mengingat, membaca, menghafalnya, bahkan dapat menulisnya secara tepat. Selain itu, kartu huruf sangat menunjang keberhasilan dalam pembelajaran dan juga mampu mewujudkan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam pembelajaran tersebut.
05SK054921.00 | SK PAI12.549 EST p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain