SKRIPSI PAI
Persepsi Siswa SMP Negeri 17 Pekalongan Terhadap Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Praktik Pengalaman Kerja [PPL] STAIN Pekalongan Tahun 2011/2012
Persepsi adalah digunakan untuk mengungkapkan tentang pengalaman terhadap sesuatu benda atau sesuatu yang dialami. Dalam kamus standar dijelaskan bahwa persepsi dianggap sebagai sebuah pengaruh ataupun sebuah kesan oleh benda yang semata-mata menggunakan pengamatan penginderaan, persepsi ini didefinisikan sebagai proses yang menggabungkan dan mengorganisasikan data-data indera (penginderaan) untuk dikembangkan sedemikian rupa sehingga dapat menyadari keadaan sekelilingnya.
Kompetensi guru adalah kemampuan seorang guru dalam melaksanakan kewajiban-kewajibannya secara bertanggungjawab dan layak. Kompetensi guru berperan penting dalam kegiatan dan hasil belajar siswa. Proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa bukan saja ditentukan oleh sekolah, pola struktur dan isi kurikulumnya, akan tetapi sebagian besar ditentukan oleh kompetensi guru yang mengajar dan membimbing siswa. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran. Kompetensi tersebut merupakan kualifikasi guru yang terpenting. Sebagai calon seorang guru mahasiswa PPL harus memiliki kedua kompetensi tersebut, agar kegiatan pembelajaran yang dilakukan mahasiswa PPL mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Unuk maksud ini peneliti hendak meneliti kompetensi pedagogik mahasiswa PPL STAIN Pekalongan tahun 2011/2012.
Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan Bagaimana persepsi siswa SMP Negeri 17 Pekalongan terhadap kompetensi pedagogik mahasiswa PPL STAIN Pekalongan tahun 2011/2012?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa SMP Negeri 17 Pekalongan terhadap kompetensi pedagogik mahasiswa PPL STAIN Pekalongan tahun 2011/2012.
Metode penelitian ini meliputi desain penelitian, di mana penulis menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan penelitiannya adalah penelitian lapangan, sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan IX SMP Negeri 17 Pekalongan yang berjumlah 56 siswa. Sementara teknik pengumpulan datanya adalah angket, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan analisis data yang digunakan model analisis data prosentase.
Dari penelitian yang dilakukan penulis Persepsi siswa SMP Negeri 17 Pekalongan terhadap kompetensi pedagogik mahasiswa PPL STAIN Pekalongan tahun 2011/2012 adalah , hal ini dibuktikan dari hasil keseluruhan perhitungan persentase alternatif jawaban angket tentang persepsi siswa SMP Negeri 17 Pekalongan terhadap kompetensi pedagogik mahasiswa PPL STAIN Pekalongan tahun 2011/2012, diketahui bahwa responden yang memiliki alternatif jawaban sebesar 65% adalah jawaban yang paling banyak. Jika dikonsultasikan dengan tabel patokan nilai P, maka nilai P 65% berarti . Jadi alternatif jawaban sebesar 65% berarti cukup baik. Sehingga hipotesa yang penulis ajukan adalah cukup baik dapat diterima kebenarannya.
05SK054821.00 | SK PAI12.548 RIZ p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain