SKRIPSI PAI
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Fiqih Tentang Ibadah Haji Dengan Metode Role Playing Di MI Walisongo Podo Kedungwuni Pekalongan Kelas V Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012
Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini diambil karena prestasi belajar Fiqih siswa kelas V MI Walisongo Podo Kedungwuni berada dibawah KKM. Penelitian ini diadakan untuk meningkatkan prestasi belajar Fiqih materi ibadah haji siswa kelas V MI Walisongo Podo Kedungwuni dengan menggunakan metode Role Playing.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tindakan setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Untuk memperoleh data adalah dengan cara pengamatan aktivitas guru dan siswa, dan evaluasi belajar. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: (1). Prestasi belajar fiqih siswa kelas V MI Walisongo Podo sebelum melaksanakan pembelajaran dengan metode role playing pada materi ibadah haji menunjukkan nilai rata-rata 53 dengan ketuntasan belajar 14,8% (hanya 4 siswa yang tuntas dari 27 siswa), setelah dilaksanakan pembelajaran dengan metode role playing pada materi ibadah haji menunjukkan nilai rata-rata 80 dengan ketuntasan belajar 96,3 % (26 siswa tuntas dari 27 siswa); (2). Upaya untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran fiqih materi ibadah haji dengan metode role playing di MI Walisongo Podo Kabupaten Pekalongan adalah dengan mengadakan penelitian tindakan kelas bersama dengan guru kelas V MI Walisongo Podo sebagai teman sejawat. Hasil refleksi siklus I dan siklus II dari penelitian ini kemudian menjadi saran-pengalaman untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran fiqih materi ibadah haji dengan metode role playing di MI Walisongo Podo Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2011/2012.
05SK054521.00 | SK PAI12.545 LUT u C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain