Skripsi
Upaya Meningkatkan Karakter Siswa Melalui Ekstrakurikuler Kepramukaan Di MTs S Hifal Pekalongan
Dalam rangka mewujudkan insan kamil sesuai dengan ajaran agama, maka perlu adanya peningkatan mutu dalam proses pendidikan yang salah satuya dengan mengedepankan aspek budi pekerti, moral dan kepribadian yang terwujud dalam karakter di setiap individu peserta didik. Pendidikan karakter merupakan suatu proses pembentukan watak maupun kepribadian peserta didik yang mulia. Karakter merupakan hal yang urgen dalam diri individu karena dari karakter yang ada dalam diri masing-masing individulah yang menjadi motor penggerak segala aktivitas. Gerakan Pramuka adalah proses pendidikan diluar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya adalah pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti. MTs S HIFAL Pekalongan merupakan salah satu sekolah yang memiliki ekstrakurikuler kepramukaan yang menerapkan sistem among sebagai metode pembelajarannya dalam membentuk karakter siswa. Ekstrakurikuler inilah yang dijadikan sebagai ekstrakurikuler yang dapat meningkatkan karakter pada diri siswa.
Dari uraian tersebut diatas, maka dirumuskan permasalahan yaitu: Bagaimana upaya pembina ekstrakurikuler kepramukaan dalam meningkatkan karakter siswa di MTs S HIFAL Pekalongan?. Kegunaan dari penelitian ini secara teoritis adalah : (1) Sebagai tambahan bahan pustaka dan khasanah keilmuan mengenai pendidikan karakter pada ekstrakurikuler kepramukaan; (2) sebagai bacaan praktisi pendidikan; (3) sebagai bahan acuan untuk penelitan selanjutnya. Sedangkan kegunaan praktis dari penelitian ini adalah : (1) Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan berupa bahan pertimbangan dan masukan akan pentingnya ekstrakurikuler dalam membentuk kerakter peserta didik; (2) sebagai masukan bagi pembina agar dalam membina para pramuka sengan menggunakan pola binaan yang sesuai dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research)dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitataif. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis induktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya meningkatkan kerakter siswa melalui ekstrakurikuler di MTs S HIFAL Pekalongan dilakukan dengan berbagai cara. Upaya yang dilakukan oleh pembina dan pembina pembantu pramuka adalah dengan memberikan materi-materi yang sesuai dengan karakter yang akan dibentuk baik secara teori maupun praktik lapangan. Tidak hanya itu pembina juga sering memberikan selingan nyanyian dan permainan agar kegiatan tidak menjenuhkan. Dalam pelaksanaanya pembina menggunakan metode sistem among. Dalam hal ini pembina menjadi teladan bagi para anggota pramuka. Meskipun berbagagai upaya sudah dilakukan oleh pembina pramuka, namun dari hasil penelitian menyatakan bahwa masih ada anak yang tidak disiplin dan masih kurang rasa tanggung jawabnya, seperti melalaikan tugas yang diberikan kepadanya.
05SK054021.00 | SK PAI12.540 KHO u C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain