SKRIPSI PAI
Pengaruh Active Learning Terhadap Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Pemalang
Pembelajaran aktif (active learning) dimaksudkan untuk mengoptimalkan penggunaan semua potensi yang dimiliki oleh anak didik, sehingga semua anak didik dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan sesuai dengan karakteristik pribadi yang mereka miliki. Untuk menerapkan strategi pembelajaran active learning (belajar aktif) dikelas, siswa tidak hanya sekedar mendengarkan ceramah saja di dalam kelas mereka perlu membaca, menulis, berdiskusi atau bersama-sama dengan anggota kelas yang lain dalam memecahkan masalah. Yang paling penting adalah bagaimana membuat anak didik menjadi aktif, sehingga mampu pula mengerjakan tugas-tugas yang menggunakan kemampuan berpikir yang lebih tinggi, seperti menganalisis, membuat sintesis dan mengevaluasi.
Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan adalah bagaimana pelaksanaan active learning pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Pemalang, bagaimana efektifitas pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Pemalang, dan bagaimana pengaruh active learning terhadap efektifitas pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Pemalang. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan active learning yang digunakan di SMP Negeri 5 Pemalang, untuk mengetahui efektifitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 5 Pemalang, untuk mengetahui pengaruh active learning terhadap efektifitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 5 Pemalang. Dan kegunaan teoritis penelitian yang dilakukan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi tentang penentuan sikap-sikap yang seharusnya dimiliki manusia dan dapat memberi manfaat terhadap perkembangan ilmu pengetahuan khususnya metode active learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Dan Kegunaan Praktis Bagi siswa, memberi motivasi dan informasi tentang belajar secara langsung serta dapat memecahkan permasalahan sehingga dapat mengamalkan apa yang telah mereka pelajari dalam kehidupan sehari-hari, Bagi guru, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai wawasan atau memperkaya khasanah dalam proses kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan, Bagi sekolah SMP Negeri 5 Pemalang, hasil penelitian ini akan memberikan sumbangan yang berarti dalam rangka meningkatkan kualitas proses belajar mengajar sehingga dapat menjadikan sekolah ini lebih inovatif, kreatif dan dinamis sesuai perkembangan zaman yang semakin maju, Bagi peneliti, mendapatkan pengalaman secara langsung tentang pelaksanaan active learning dan memberikan bekal agar nantinya
Metode penelitian dalam skripsi ini meliputi desain penelitian, dimana penulis menggunakan jenis pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitian penulis menggunakan penelitian lapangan, sementara untuk teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, interview dan dokumentasi, sedangkan untuk menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS ver. 15,0. Populasi penelitian yang diambil dari jumlah keseluruhan kelas VIII sebanyak 288 siswa, kemudian diambil sampel sebanyak 43 siswa.Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analis regresi linier sederhana.
Pengujian hipotesis dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara signifikan antara variabel bebas dan variabel terikat yaitu pelaksanaan active learning terhadap keefektifan pembelajaran pendidikan agama islam. karena di buktikan dari hasil nilai Sig. = 0,013 yang berarti < kriteria signifikan (0,05). dengan demikian model persamaan regresi berdasarkan data penelitian tersebut adalah signifikan artinya, model regresi linier telah memenuhi kriteria linieritas.
05SK053721.00 | SK PAI12.537 ISN p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain