SKRIPSI PAI
Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Huruf Abjad Pada Siswa Kelas B Di RA Muslimat Wonoyoso Buaran Pekalongan
Pada dasarnya setiap pendidik mempunyai harapan agar peserta didiknya dapat mencapai hasil belajar yang sebaik-baiknya sesuai dengan tujuan yang telah digariskan dalam proses belajar mengajar disekolah. Namun kenyataan yang dihadapi tidak selalu selalu menunjukkan apa yang diharapkan itu terealisasi sepenuhnya. Banyak peserta didik yang menunjukkan tidak mendapat hasil belajar sebagaimana yang diharapkan oleh para pendidiknya. Dalam proses belajar, pendidik sering menghadapi dan menemukan peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar, pemahaman yang utuh dari guru tentang kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didiknya merupakan dasar dalam usaha memberikan bantuan dan bimbingan yang tepat.
Adapun yang dijadikan permasalahan dalam skripsi ini adalah Bagaimana kesulitan belajar membaca huruf abjad pada siswa kelas B di RA Muslimat Wonoyoso?, Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca huruf abjad di RA Muslimat Wonoyoso?, Apa saja faktor penyebab kesulitan belajar membaca huruf abjad di RA Muslimat Wonoyoso Buaran Pekalongan? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kesulitan belajar membaca huruf abjad yang terjadi di RA Muslimat Wonoyoso Buaran Pekalongan, untuk menguraikan bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca huruf abjad, untuk menganalisis faktor penyebab kesulitan belajar membaca huruf abjad. Sedangkan kegunaan penelitia ini yang pertama secara teoritis yaitu dapat di jadikan khasanah pengetahuan khususnya tentang upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca huruf abjad khususnya pada siswa kelas B, yang kedua secara praktis yaitu sebagai masukan dan bahan pertimbangan guru dalam usaha mengatasi kesulitan belajar membaca huruf abjad.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Jenis penelitian ini adalah Field Research (Lapangan). Dengan alat pengumpul data penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Metode Analisis yang digunakan penulis yaitu melalui proses berfikir secara induktif. Teknik analisis ini peneliti peroleh melalui interview kepada responden, yaitu sumber data primer: Kepala RA Muslimat Wonoyoso, Guru Kelas B, Siswa Kelas B, dan Karyawan RA Muslimat Wonoyoso. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari buku-buku dan referensi yang relevan.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kesulitan belajar membaca di RA Muslimat Wonoyoso Buaran Pekalongan dikarenakan oleh dua hal, yaitu kesulitan dalam memahami bentuk huruf dan kesulitan dalam melafalkan huruf. Upaya yang dilakukan oleh guru di RA Muslimat Wonoyoso Buaran Pekalongan dalam mengatasi kesulitan belajar membaca huruf abjad yaitu dengan memberikan jam pelajaran tambahan, mengajar dengan nyanyian, dan yang menjadi faktor penyebab kesulitan belajar membaca di RA Muslimat Wonoyoso Buaran Pekalongan terdiri dari dua faktor, yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern meliputi: rendahnya IQ siswa di RA Muslimat Wonoyoso, kurangnya motivasi dalam diri siswa., sedang dari faktor eksternnya meliputi: terbatasnya jam pelajaran, kurangnya perhatian dari orang tua, siruasi belajar yang kurang kondusif.
05SK053521.00 | SK PAI12.535 KIN u C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain