SKRIPSI PAI
Pelaksanaan Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket C Di PKBM Ngudi Ilmu Barokah Desa Blimbing Ampelgading Pemalang [Telaah Tujuan, Materi, Metode dan Evaluasi]
Pendidikan merupakan proses budaya untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia melalui proses yang panjang dan berlangsung sepanjang hayat. Untuk itu semua harus dilakukan para lembaga-lembaga penyelenggara pendidikan baik yang formal maupun non formal. Salah satu dari lembaga yang menyelenggarakan program pendidikan non formal adalah di PKBM Ngudi Ilmu Barokah Desa Blimbing Ampelgading Pemalang dengan melaksanakan program pendidikan kesetaraan kejar paket C yang setara dengan SMA/MA/SMK.
Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana tujuan, materi, metode, evaluasi dan standar normatif pendidikan kesetaraan kejar paket C dan bagaimana Kualitas pendidikan kesetaraan kejar paket C serta apa saja faktor-faktor yang menghambat kualitas pendidikan kesetaraan kejar paket C di PKBM Ngudi Ilmu Barokah Desa Blimbing Ampelgading Pemalang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan, materi, metode, evaluasi dan standar normatif pendidikan kesetaraan kejar paket C dan untuk mengetahui bagaimana kualitas pendidikan kesetaraan kejar paket C serta untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang menghambat kualitas pendidikan kesetaraan kejar paket C di PKBM Ngudi Ilmu Barokah Desa Blimbing Ampelgading Pemalang. Adapun kegunaan penelitian ini adalah sebagai bahan wacana untuk memperkaya bacaan dan dapat mendorong pengembangan terhadap pendidikan luar sekolah dan sebagai sumbangan kepada PKBM, Dinas setempat yang diharapkan dapat bermanfaat sebagai pengembangan yang kontruktifdalam pendidikan luar sekolah.
Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research (Lapangan). Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder, sumber data primer dalam penelitian ini adalah tutor dan bagian administrasi di PKBM Ngudi Ilmu Barokah, sumber data sekunder adalah berasal dari buku-buku yang merupakan sumber ilmiah yang berkaitan dengan tujuan, materi, metode dan evaluasi dalampembelajaran kejar paket C. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman yaitu analisis data yang menggunakan teknik Redusi data, penyajian data dan kesimpulan data yang ada dilapangan.
Hasil penelitian menunjukan: 1) Tujuan pembelajaran dan materi pembelajaran tidak tercapai dibuktikan dengan terbatasnya waktu pembelajaran dan kondisi warga belajar itu sendiri sedangkan metode dan evaluasi pembelajaran tidak jauh berbeda dengan pendidikan disekolah, semuanya itu sudah termasuk dalam standar normatif dalam pendidikan. 2) Kualitas di PKBM , penulis ambil dari segi Out Put nya yang banyak lulusan kejar paket C yang bisamengembangkanketerampilandansebagaisyaratuntukbekerja. 3) Faktor penghambat di PKBM ini adalah dari segi waktu, kondisi alam, warga belajar dan fasilitas sarana serta upaya yang dilakukan yaitu adanya komunikasi antara ketua PKBM dan tutor serta warga belajar agar terjadi hubungan yang komunukatif untuk saling memajukan pendidikan di PKBM.
05SK053221.00 | SK PAI12.532 NUR p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain