SKRIPSI PAI
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Fiqih Bab Haji Dengan Media Pohon Haji Di Kelas V MISS Proto 01 Kedungwuni Pekalongan Tahun Pelajaran 2011 / 2012
Latar belakang masalah penelitian ini berpijak pada masih banyaknya siswa yang masih belum tuntas pembelajaran atau belum tuntas KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal). Tak terkecuali pada mata pelajaran fiqih, siswa kelas V berdasarkan data tahun sebelumnya masih banyak siswa yang belum mencapai nilai KKM yakni 70. Hal ini karena banyak siswa yang kurang termotivasi dalam belajar yang disebabkan masih kurangnya penggunaan media oleh guru sebagai alat pemusat perhatian siswa. Oleh karena itu perlu adanya penggunaan media dalam pembelajaran untuk menjembatani masalah tersebut seperti media pohon haji.
Berdasarkan latar belakang yang diuraikan di atas, maka penulis merumuskan masalah sebagai obyek pembahasan yaitu : Bagaimana prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih di MISS Proto 01 Kedungwuni Pekalongan sebelum menggunakan media pohon haji ? Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih sesudah menggunakan media pohon haji ? dan bagaimana upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih sesudah menggunakan media pohon haji ?. Penulis mencoba menggunakan media pohon haji dalam pelajaran fiqih bab haji sebagai salah satu alternatif yang akan diterapkan untuk mengatasi masalah siswa dalam proses pembelajaran.
Adapun jenis penelitian dari penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran fiqih bab haji di kelas V MISS Proto 01 Kedungwuni Pekalongan tahun pelajaran 2011/2012. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah kemampuan kognitif dan psikomotorik siswa dalam menyelesaikan soal tes baik yang berupa tes tulis maupun tes praktek. Ketuntasan belajar individu, minimal siswa memperoleh nilai 70 dan ketuntasan belajar klasikal sekurang-kurangnya 85% dari jumlah siswa.
Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada siklus I adalah 64,0 dengan prosentase ketuntasan 55%, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 71,0 dengan prosentase ketuntasan 75%, sedangkan pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 75,5 dengan prosentase ketuntasan 90%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pohon haji dapat meningkatkan prestasi hasil belajar siswa dalam pembelajaran mata pelajaran fiqih bab haji di kelas V MISS Proto 01 Kedungwuni Pekalongan.
05SK053021.00 | SK PAI12.530 NAJ u C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain