SKRIPSI PAI
Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Edensor Karya Andrea Hirata
Sastra sebagai pengungkapan baku dari apa yang telah disaksikan orang dalam kehidupan, apa yang telah dialami orang tentang kehidupan, apa yang telah dipermenungkan, dan dirasakan orang mengenai segi-segi kehidupan yang paling menarik minat secara langsung lagi kuat, pada hakekatnya adalah suatu pengungkapan kehidupan melalui bahasa. Salah satu bentuk karya sastra adalah novel, dan Edensor merupakan novel ketiga dari tetralogi Laskar Pelangi, Edensor mengambil setting di luar negeri saat tokoh-tokoh utamanya, Ikal dan Arai mendapat beasiswa dari Uni Eropa untuk kuliah S2 di Perancis. Mimpi-mimpi untuk menjelajah Eropa sampai Afrika dan menemukan keterkaitan yang tak terduga dari peristiwa-peristiwa dari masa lalu mereka berdua. Isi dari novel Edensor menegaskan bahwa semua impian, cita-cita dapat tercapai dengan kerja keras dan pantang menyerah. Dari sini, penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam tentang novel Edensor terutama mengenai nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel tersebut dengan judul
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana isi novel Edensor? Apa sajakah kandungan nilai-nilai pendidikan dalam novel Edensor? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi dari novel Edensor, untuk menyebutkan dan mendeskripsikan kandungan nilai-nilai pendidikan dalam novel Edensor. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini secara teoritis adalah menyebarluaskan nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Edensor karya Andrea Hirata, memberi kontribusi tentang penentuan sikap-sikap yang semestinya dimiliki manusia dan dapat memberikan manfaat terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam pendidikan. Secara praktis menambah wawasan bagi penulis khususnya, dan pembaca pada umumnya dalam memilih bahan bacaan (khususnya novel) dengan memilih novel-novel yang mengandung pesan moral yang baik, memberikan wacana tentang karya sastra Indonesia yang sarat dengan nilai-nilai prikehidupan yang luhur dan memberikan inspirasi kepada penulis lain untuk mengkaji lebih dalam persoalan yang serupa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian sastra atau kritik sastra. Pengumpulan data diperoleh dengan cara membaca, memahami dan menelaah sumber data. Hal ini dilakukan dengan cara membaca, memahami dan menelaah novel Edensor karya Andrea Hirata. Dari data yang diperoleh, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif.
Dari hasil penelitian terhadap novel Edensor terdapat banyak hal yang dapat dipilah sebagai nilai-nilai pendidikan yang kemudian dikategorikan menjadi empat nilai pendidikan, religius, moral, sosial, dan budaya. Simpulannya berupa novel Edensor berisi 44 mozaik atau bab yang di dalamnya berisikan cerita mengenai usaha Ikal dan Arai yang menggapai mimpi mereka dengan kerja dan pantang menyerah. Di dalamnya terdapat teladan-teladan yang baik, yang mampu menginspirasi para pembacanya dan juga terdapat nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya, antara lain nilai pendidikan religius, nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial, dan nilai pendidikan budaya.
05SK052121.00 | SK PAI12.521 HAK n C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain