SKRIPSI PAI
Efektivitas Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Mapel Fiqih Di MIM Kauman Wiradesa Pekalongan Tahun Ajaran 2011-2012
Pembelajaran adalah kegiatan guru secara terprogram dalam Desain instruksional ,untuk membuat siswa lebih Aktif yang menekankan pada penyediaan sumber belajar. Dalam mengajar hendaknya guru menggunakan metode bervariasi agar pembelajaran tidak membosankan tetapi menarik perhatian anak didik, guru yang baik harus mampu menguasai bermacam macam Metode mengajar sehingga dapat memilih dan menentukan Metode yang tepat untuk diterapkan pada materi pembelajaran tertentu. Metode mengajar yang diterapkan pada umumnya adalah metode konvensional, guru dianggap sebagai gudang ilmu, otoriter, dan mendominasi kelas. Sedangkan siswa hanya duduk, diam, dengar, catat, sehingga menyebabkan siswa pasif. Dalam usaha untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan Metode Mind Mapping.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana penggunaan Metode Mind Mapping dan penggunaan metode ceramah pada mapel fiqih kelas IV di MI Muhammadiyah Kauman Wiradesa Pekalongan? apakah terdapat perbedaan prestasi belajar fiqih antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode Mind Mapping dan siswa yang diajar dengan metode ceramah ? Bagaimana efektivitas penggunaan Metode Mind Mapping terhadap peningkatan Prestasi belajar siswa kelas IV pada mapel fiqih di MI Muhammadiyah Kauman Wiradesa Pekalongan? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan Metode Mind Mapping pada mapel fiqih kelas IV di MI Muhammadiyah Kauman Wiradesa Pekalongan , untuk mengetahui Prestasi belajar siswa kelas IV pada mapel fiqih di MI Muhammadiyah Kauman Wiradesa Pekalongan, untuk mengetahui Efektivitas penggunaan Metode Mind Mapping terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV pada mapel fiqih di MI Muhammadiyah Kauman Wiradesa Pekalongan.
Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, Desain penelitian Quasi Eksperimen, dengan data primer siswa kelas IV data skunder kepala sekolah, guru mapel fiqih kelas IV,dan buku buku yang berkaitan dengan judul ,Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes. Adapun data yang diperoleh di Analisis dengan menggunakan rumus
Berdasarkan Hasil Evaluasi Pretes Postes kelompok Eksperimen (Kelas yang diajar dengan metode Mind Mapping) menunjukkan perubahan nilai sebelum menggunakan Metode Mind Mapping Nilai rata rata 75, setelah menggunakan Metode Mind Mapping Nilai rata rata naik menjadi 83. berarti penggunaan Metode Mind Mapping bisa memberikan hasil yang lebih baik. Tingginya nilai yang diperoleh dalam pembelajaran Metode Mind Mapping dikarenakan Metode Mind Mapping dapat membantu siswa lebih berkonsentrasi, meningkatkan kreativitas, serta dapat meningkatkan kecerdasa visual dan ketrampilan observasi.
Dan dibuktikan dari hasil tt Eksperimen ; untuk df 38 taraf signifikan 5%diperoleh to ; 4,852 > tt 2,042. Pada taraf 1% tt ;4,852 .> tt 2,750. Hasil to kontrol diperoleh; untuk df 21 ; pada taraf signifikan 5% diperoleh t0 4,368 > tt ; 2,021 .pada taraf signifikan 1% . to ; 4,368 > tt 2,704. dan hasilnya to > tt. Berarti hipotesis alternatif diterima.
Pada kelas control (kelas yang diajar dengan menggunakan metode ceramah). Nilai Pretes tertinggi adalah 78 sedangkan nilai terendah 65, nilai rata-rata 70. Pada Postes nilai tertinggi 82 sedangkan nilai terendah 70, nilai rata-rata 75. Sedangkan pada kelas control mengalami perubahan tapi sedikit hal ini dikarenakan pembelajaran metode ceramah membosankan dan monoton, sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar,. Hasil to control diperoleh ; untuk df 21 ; pada taraf signifikan 5% diperoleh to 4,368 > tt ; 2,021. Pada traraf signifikan 1% to ; 4,368 > tt 2,704 dan hasilnya to > tt. Berarti hipotesis alternatif diterima
05SK052021.00 | SK PAI12.520 MUA e C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain