SKRIPSI PAI
Peningkatan Hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Tentang Kisah Abu Bakar As Sidiq Melalui Metode Mind Mapping Di SD Plus Baiturrahman Api-Api Wonokerto Pekalongan
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi siswa kelas VB SD Plus Baiturrahman kecamatan Wonokerto kabupaten Pekalongan ketika mengikuti proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, masalah yang didapati ialah hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pada materi tarih rata-rata nilai pada kemampuan penguasaan materi melalui tes tertulis dan kemampuan menceritakan kembali materi tarih secara lisan masih rendah atau dibawah KKM yang ditetapkan oleh Satuan Pendidikan SD Plus Baiturrahman Api-Api.
Untuk menjadikan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam lebih menarik siswa belajar perlu diawali dalam cara menyampaikannya, salah satunya adalah dengan menggunakan Mind Maping. Mind Maping merupakan salah satu strategi kreatif dalam mencatat dengan menggunakan citra visual dan prasarana grafis lainya untuk membuat kesan sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Dengan munculnya rasa senang dan kesan yang mendalam inilah diharapkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terutama sejarah Islam tentang kisah Abu Bakar as Sidiq dapat ditingkatkan.
Studi ini dimaksudkan untukmenjawab permasalahan: Bagaimana peningkatan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam tentang kisah Abu Bakar as Sidiq melalui metode mind mapping di SD Plus Baiturrahman Api-Api Wonokerto Pekalongan?.
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui dua siklus, dengan empat tahapan setiap siklusnya yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran menggunakan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini bisa dilihat dari aspek kognitif yaitu peningkatan hasil pembelajaran melalui tes secara tertulis dan kemampuan menceritakan kembali tentang kisah Abu Bakar as Sidiq secara lisan, dimana pada pra siklus ada 5 siswa atau 20% yang tuntas belajar, naik menjadi 15 siswa atau 60 % pada siklus Idan pada siklus II dengan ketuntasan 24 siswa atau 95 %, sedangkandari aspek afektif yaitu siswa dapat memahami apa yang disampaikan guru yaitu keteladanan tentang kisah Abu bakar as Sidiq melalui gambar mind mappingyang siswa buat sendiri, sedangkan dari segi psikomotorik mind mapping sangat membantu mengembangkan kreatifitas siswa melalui aktifitas menggambar mind mapping.
05SK051621.00 | SK PAI12.516 ZUH p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain