SKRIPSI PAI
Konsep Struktur Kepribadian Dalam Pendidikan Menurut Sigmund Freud
Teori psikologi kepribadian bersifat deskriptif dalam wujud penggambaran tingkah laku secara sistematis dan mudah untuk dipahami. Pembahasan kepribadian sangat erat dalam kajian psikologi. Disisi lain psikologi juga berusaha mencari unsur kesadaran dan menentukan bagaimana unsur-unsur itu bergabung. Sistematika yang dipakai dalam menggambarkan kepribadian menurut Sigmund Freud adalah struktur kepribadian yang meliputi Id, Ego dan Super Ego banyak diikuti oleh pakar kepribadian yang lain. Freud yakin bahwa kepribadian yang tersusun dari tiga sistem utama tersebut yang mana setiap sistemnya mempunyai ciri-ciri, prinsip kerja fungsi dan sifat yang berbeda akan tetapi ketiganya merupakan satu tim yang berinteraksi dan bekerja sama dalam hal mempengaruhi perilaku manusia.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana konsep struktur kepribadian menurut Sigmund Freud?; Bagaimana pemikiran Sigmund Freud tentang struktur kepribadian dalam pendidikan? Berkaitan dengan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui dan memahami struktur kepribadian menurut Sigmund Freud dan untuk mengetahui pemikiran Sigmund Freud tentang teori struktur kepribadian menurut Sigmund Freud dalam pendidikan. Adapun secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat memahami gambaran struktur kepribadian menurut Sigmund Freud dalam pendidikan. Sedangkan secara praktis penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi pembaca tentang teori struktur kepribadian dalam pendidikan umum.
Dalam pelaksanaan penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif karena data yang dihasilkan adalah data deskriptif dalam bentuk pernyataan-pernyataan yang ditulis berasal dari sumber data yang diamati agar dapat dipahami. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kepustakaan atau library research dengan pendekatan kualitatif, dengan cara memahami, menelaah dan memahami, yang ditulis dari pernyataan-pernyataan yang bersumber dari buku-buku, naskah, catatan, dokumen-dokumen dan materi pustaka lainnya. Selanjutnya dalam literatur tersebut dapat ditemukan berbagai teori, gagasan dan lain-lain yang dapat diselidiki. Sedangkan metode yang digunakan adalah konten analisis yaitu dengan menganalisa dan memahami isi buku-buku yang berkaitan dengan judul skripsi. Dan metode deskriptif yaitu menggambarkan kondisi yang ada, proses yang sedang berlangsung, akibat atau efek yang terjadi.
Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa konsep struktur kepribadian dalam pendidikan menurut Sigmund Freud adalah menjelaskan point-point dari struktur kepribadian sendiri yang melipui Id, Ego dan Super Ego dan aplikasinya dalam pendidikan memiliki banyak sekali relevansi dengan psikologi kepribadian dalam pendidikan sesuai dengan kompetensi dasar dan tujuan materi yang ada.
05SK051521.00 | SK PAI12.515 ROF k C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain