SKRIPSI PAI
Peran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Membentuk Karakter Anak Di Kelompok Bermain Masitoh Silirejo
Dizaman globalisasi sekarang ini, berbagai media masa, baik media cetak, maupun elektronik menginformasikan kasus-kasus tindakan kriminal yang dilakukan oleh anak-anak. Tetapi seringkali orang tua dan pendidik menekankan pada kegiatan akademik saja. Sehingga diperlukan pendidikan karakter pada anak usia dini, karena pada hakikatnya pada diri anak mempunyai daya serap tinggi terhadap hal-hal baru, sehingga harus diimbangi dengan pendidikan anak yang baik, dengan memberikan nilai-nilai karakter bagi anak.
Rumusan masalah yang diteliti yaitu bagaimana peran pendidikan anak usia dini dalam membentuk karakter anak di KB Masitoh Silirejo, bagaimana kurikulum pendidikan anak usia dini di KB Masitoh Silirejo, bagaimana nilai-nilai karakter pada kurikulum pendidikan anak usia dini di KB Masitoh Silirejo. Adapun kegunaan penelitian adalah secara teoritis hasil penelitian diharapkan dapat memberikan konstribusi dibidang pendidikan anak usia dini dan pendidikan karakter pada anak. Secara praktis hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan input bagi orang tua, guru dan lembaga pendidikan dalam mengelola pendidikan anak usia dini dapat menanamkan nilai-nilai karakter yang sesuai dengan kurikulum pendidikan anak usia dini dalam pembelajaranya.
Penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis selanjutnya menganalisis dan mengambil kesimpulan dengan menggunakan metode analisis deskriptif dengan metode analisis induktif yaitu cara menyajikan kenyataan yang bersifat khusus kemudian diambil kesimpulan yang bersifat umum.
Hasil penelitian di KB Masitoh Silirejo adalah peran pendidikan anak usia dini dalam membentuk karakter anak di KB Masitoh Silirejo sebagai peran pembentukan karakter anak yang sesuai dengan indikator pencapaian kemampuan anak dalam menu pembelajaran generik, seperti anak mengucapkan salam, tidak menangis jika berpisah dengan orang tua, membereskan mainan setelah selesai main, menunggu giliran, dll. Dalam kegiatan pembelajaran pembentukan karakter anak menggunakan metode permainan dan pembiasaan. Kurikulum di KB Masitoh Silirejo menggunakan acuan dari Dinas pendidikan dan Muslimat NU cabang Pekalongan, yang bersifat integrasi. Pada kurikulum pendidikan anak usia dini KB Masitoh Silirejo memiliki nilai-nilai karakter sebagai berikut: religius, kreatif, disiplin, gemar membaca, tanggung jawab, mandiri, dan komunikatif.
05SK051221.00 | SK PAI12.512 DAI p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain