SKRIPSI PAI
Studi Komparasi Tentang Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI Antara Siswa Dari Keluarga Petani Dan Buruh Di SLTP N 1 Talun Kabupaten Pekalongan
Belajar merupakan kewajiban bagi setiap siswa. Karena dengan belajar akan menjadikan prestasi seorang siswa itu lebih baik. Presatsi yang baik merupakan harapan seorang siswa dan presatsi yang baik juga kebanggaan bagi orang tua.
Penulis mengajukan permasalahan < bagaimana presatsi belajar mata pelajaran PAI siswa SLTP N 1 Talun dari keluarga petani, bagaiman prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa SLTP N 1 Talun dari keluarga buruh, dan bagaimana perbedaan dan persamaan prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa SLTP N 1 Talun dari keluarga petani dengan keluarga buruh. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa SLTP N 1 Talun dari keluarga petani, untuk mendeskripsikan prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa SLTP N 1Talun dari keluarga buruh, serta untuk mendeskripsikan perbedaan dan persamaan prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa SLTP N 1 Talun dari keluarga petani dengan keluarga buruh. Dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang tingkat prestasi belajar mata pelajarn PAI siswa SLTP N 1 Talun dari keluarga petani dan keluarga buruh, serta memberikan gambaran tingkat perbedaan dan persamaan prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa SLTP N 1 Talun dari keluarga petani dengan keluarga buruh, dapat memberikan wawasan dan wacana bahwa peran keluarga dibutuhkan untuk memberikan dorongan seorang anak dalam belajar agar mendapatkan prestasi yang memuaskan dan dapat memberikan wawasan bagi penulis tentang keberadaan keluarga dalam memberikan dorongan belajar seorang anak agar mendapatkan prestasi yang memuaskan.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research yang difokuskan pada studi kasus dan terdapat dua variabel, yaitu prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa SLTP N 1 Talun dari keluarga petani sebagai variabel I dan prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa SLTP N 1 Talun dari keluarga buruh sebagai variabel II. Dalam penelitian ini penulis meneliti prestasi belajar siswa dari keluarga petani dan dari keluarga buruhdengan sampel 64 siswa, terdiri dari 32 siswa dari keluarga petani dan 32 siswa dari keluarga buruh. Penelitian ini akan meneliti seluruh sampel ( sebagai subyek penelitian ), yakni akan meneliti perbedaan prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa SLTP N 1 Talun antara siswa dari keluarga petani dengan siswa dari keluarga buruh. Metode pengimpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, interview, dokumentasi, dan metode analisis komparasional tes .
Dari hasil penelitian dilapangan, penulis membuat kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan mean yang signifikan antara prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa SLTP N 1 Talun dari keluarga petani dengan keluarga buruh. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan dengan menggunakan teknik analisis tes , dan di dapat t0 = 1,402, sedangkan tt pada taraf signifikan 5% adalah 2,000 dan pada taraf signifikan 1% adalah 2,660. Dengan demikian nilai t0 < tt ( 2,660 > 1,402 < 2,000 ). Ini berarti Ho diterima ( tidak terdapat ) perbedaan mean yang signifikan antara prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa SLTP N 1 Talun dari keluarga petani dengan keluarga buruh.
05SK051121.00 | SK PAI12.511 DEW s C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain