SKRIPSI PAI
Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam SMP Di Kota Pekalongan
Latar belakang masalah judul skripsi ini adalah Guru PAI terutama di sekolah menengah pertama (SMP) dikota Pekalongan sebagai pemegang kunci dalam melaksanakan proses pembelajaran, pembimbingan, dan pelatihan terhadap siswa. Kualitas pembelajaran sangat tergantung pada kualitas gurunya. Guru seyogya nya memiliki kemampuan dalam memberikan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan nilai-nilai ajaran Islam kepada siswa. Tidak ada siswa yang tidak bisa di didik, yang ada adalah guru belum berhasil mendidiknya.
Rumusan masalahnya adalah Siapa saja pihak-pihak yang paling bertanggung jawab terhadap pengembangan kompetensi guru PAI? Apa saja program pengembangan kompetensi pedagogik guru yang mereka jalankan? Bagaimana pelaksanaan program-program tersebut dari sisi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan partisipasi guru PAI di Kota Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program-program pengembangan kompetensi pedagogik guru PAI SMP di Kota Pekalongan dari sisi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan partisipasi guru. Sedangkan kegunaan penelitian ini Untuk mengetahui sejauh mana pengembangan kompetensi pedagogik guru PAI di kota Pekalongan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode interview, metode observasi, metode angket, serta metode dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara dan membandingkan hasil wawancara dengan dokumen yang ada.
Hasil penelitian Program pengembangan kompetensi pedagogik guru PAI SMP Kota Pekalongan meliputi pemahaman KTSP (Analisis SK-KD dan materi PAI, Penjabaran dalam indikator pencapaian hasil belajar, Penyusunan silabus, Penyusunan RPP, Penyusunan program tahunan dan semester, Analisis hari efektif, Pembahasan tentang pembuatan dan pemanfaatan media) Penyusunan Bahan Ajar dan Lembar Kerja Siswa, Pemahaman model-model metodologi pembelajaran PAI, meliputi aspek pembelajaran; Al Quran, Aqidah, Tarikh, Ahlak, Fiqih. Teknik evaluasi/penilaian, termasuk cara menyusun soal, sistem scoring dan tindak lanjut, Pembahasan tentang permasalahan peserta didik, Pembahasan tentang buku-buku materi pokok dan materi penunjang, pedoman guru, perpustakaan PAI, Panduan pengalaman ibadah dan ahlak mulia. pelatihan berjenjang tingkat dasar, pelatihan berjenjang tingkat menengah, dan pelatihan berjenjang tingkat atas. disekolah sendiri melalui kegiatan seperti; in house training (pelatihan pembelajaran di rumah), seperti penggunaan multi media dalam pembelajaran, review KTSP Pendidikan Agama Islam.
05SK051021.00 | SK PAI12.510 ANW p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain