SKRIPSI PAI
Dampak Sistem Rekrutment Guru PAI Terhadap Proses Pembelajaran PAI di MTs Nurul Islam Randudongkal Pemalang
Rekrutmen merupakan usaha yang dilakukan sebuah perusahaan atau
organisasi untuk mendapatkan orang baru yang berkompetensi sesuai dengan
keahlian dan bidangnya dan sangat berpengaruh ke depan lebih baik. Perbedaan
tata cara rekrutmen guru, baik langsung atau tidak langsung akan berpengaruh
pula terhadap proses pendidikan dan pengajaran yang berlangsung di sekolah
tersebut.
Adapun rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah
mendeskripsikan sistem rekrutmen guru PAI di MTs Nurul Islam Randudongkal
Pemalang?menelusuri lebih jauh tentang proses pembelajaran mata pelajaran PAI
di MTs Nurul Islam Randudongkal pemalang? Dan mengetahui dampak sistem
rekrutmen guru PAI terhadap proses pembelajaran PAI di Mts Nurul Islam
Randudongkal Pemalang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan sistem rekrutmen guru PAI di MTs Nurul Islam Randudongkal
Pemalang, untuk menelusuri lebih jauh tentang proses pembelajaran mata
pelajaran PAI di MTs Nurul Islam Randudongkal Pemalang dan untuk
mengetahui dampak sistem rekrutmen guru PAI terhadap proses pembelajaran
PAI di MTs Nurul Islam Randudongkal Pemalang. Sedangkan kegunaannya
adalah agar sistem rekrutmen guru PAI semakin maju dengan memperhatikan
sistem rekrutmen yang sesuai dengan aturan yang ada.
Metode yang digunakan untuk mendapatkan data penelitian ini, penulis
menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, pengumpulan data yang digunakan
yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisisnya
yaitu dengan teknik analisa deskriptif, yaitu metode yang digunakan terhadap
suatu data yang dikumpulkan, kemudian disusun, dijelaskan, dan sekaligus
dianalisa.
Hasil penelitian ini yaitu dampak sistem rekrutmen guru PAI terhadap
proses pembelajaran PAI di MTs Nurul Islam Randudongkal cukup baik dengan
melihat hasil proses pembelajaran PAI yang dilakukan guru PAI cukup baik,
dengan terfokus pada tiga aspek yaitu aspek kognitif, aspek afektif dan aspek
psikomotorik. Guru PAI yang berada di MTs Nurul Islam Randudongkal
melakukan pembelajaran PAI dengan menggunakan berbagai macam metode dan
media pembelajaran yang variatif.
15SK1521510.00 | SK PAI 15.510 KAR d C.0 | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain