SKRIPSI PAI
Pengaruh Sistem Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Materi Aqidah Akhlak [Studi Kasus Di MI Walisongo Salakbrojo Kedungwuni Pekalongan]
Seorang guru memiliki tugas dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan sesuai dengan tuntutan profesinya. Tugas utama dan terpenting yang menjadi tanggung jawab seorang guru adalah memajukan, merangsang dan membimbing siswa dalam proses belajar. Segala usaha kearah itu harus dirancang dan dilaksanakan. Guru yang berkesan dalam menjalankan tugasnya adalah guru yang berhasil menjadikan siswanya termotivasi dalam belajar. Oleh karena itu guru harus berusaha memahami makna motivasi belajar itu sendiri dan mengembangkan serta menggerakkan motivasi belajar siswa itu ke tahap yang maksimum.
Rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu: Bagaimana sistem mengajar yang dilakukan guru mata pelajaran PAI materi Aqidah Akhlak di MI Walisongo Salakbrojo?, Bagaimana motivasi belajar siswa dalam mengikuti mata pelajaran PAI materi Aqidah Akhlak di MI Walisongo Salakbrojo?, Bagaimana pengaruh sistem mengajar guru terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran PAI materi Aqidah Akhlak di MI Walisongo Salakbrojo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Penerapan sistem mengajar guru PAI materi Aqidah Akhlak di MI Walisongo Salakbrojo, Motivasi belajar siswa di MI Walisongo Salakbrojo, Pengaruh sistem mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Aqidah Akhlak di MI Walisongo Salakbrojo. Kegunaan penelitian ini adalah sebagai bahan untuk menambah pengetahuan bagi pembaca dan sebagai bahan acuan dalam usaha memperbaiki dan menyempurnakan proses pembelajaran agar sesuai dengan apa yang diharapkan.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan merupakan field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, angket, wawancara, dokumentasi. Metode analisis datanya menggunakan rumus korelasi product moment.
Hasil penelitian sistem mengajar guru di MI Walisongo Salakbrojo menunjukkan kategori yang baik dengan hasil skor angket yang diperoleh yaitu 60 yang terletak pada interval nilai 58-63. Sedangkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Aqidah Akhlak di MI Walisongo Salakbrojo termasuk dalam kategori cukup, dengan skor yang diperoleh adalah 61 terletak pada interval nilai 55-61. Korelasi antara variabel X dan Y menunjukkan korelasi yang cukup kuat karena didapat nilai 0,415 yang terletak pada interval 0,41-0,70. Dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara sistem mengajar dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Aqidah Akhlak di MI Walisongo Salakbrojo baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima.
05SK050421.00 | SK PAI12.504 ULV p C.0 | Tersedia | |
05SK050421.01 | SK PAII5.504 MUL p C.1 | Tersedia | |
05SK050421.02 | SK PAII5.504 MUK p C.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain