SKRIPSI PAI
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menangani Kenakalan Siswa Pada Kelas III SD Negeri 01 Pecakaran Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan
Pola pergaulan dan pengaruh tayangan televisi tidak baik yang terjadi pada anak dapat menjadi alasan mengapa anak-anak usia sekolah seringkali melakukan kenakalan yang dilakukan kepada teman-temannya. Seringkali kenakalan tersebut dilakukan tanpa sengaja maupun disengaja. Kondisi inilah yang perlu mendapat perhatian serius oleh pendidik di sekolah khususnya guru pendidikan agama Islam, agar kenakalan-kenakalan tersebut tidak menjadi kebiasaan bagi anak didik tersebut.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana bentuk-bentuk kenakalan siswa kelas III SD Negeri Pecakaran Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam menangani kenakalan siswa kelas III SD Negeri Pecakaran Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk kenakalan siswa kelas III SD Negeri Pecakaran Wonokerto Kabupaten Pekalongan dan upaya guru pendidikan agama Islam dalam menangani kenakalan siswa kelas III SD Negeri Pecakaran Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Adapun kegunaan penelitian sebagai sarana menambah wawasan, masukan bagi guru agama Islam dalam menangani kenakalan siswa dan mengarahkan siswa agar tidak berbuat buruk.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif sedangkan jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yang dilaksanakan di SD Negeri Pecakaran Wonokerto Kabupaten Pekalongan, pada bulan April 2012. Dalam penelitian tersebut melibatkan guru pendidikan agama Islam kelas III dan siswa kelas III SD Negeri Pecakaran Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Untuk mendapatkan data lapangan dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis datanya bersifat deskriptif kualitatif, yaitu: pengumpulan data sekaligus reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa bentuk-bentuk kenakalan siswa kelas III SD Negeri Pecakaran adalah: (1) bentuk-bentuk kenakalan siswa yang dilakukan dengan sengaja maupun tidak sengaja yang masih dalam taraf pelanggaran ringan, contoh: memasukkan cabe ke dalam makanan serabi. (2) bentuk-bentuk kenakalan siswa yang dilakukan dengan sengaja yang masuk dalam taraf pelanggaran berat, contoh: minta uang terhadap adik kelas secara paksa sambil mengancam. Adapun upaya guru pendidikan agama Islam dalam menangani kenakalan siswa kelas III SD Negeri Pecakaran Wonokerto adalah: (1) Upaya pencegahan kenakalan siswa (upaya preventif), yaitu: menghilangkan gejala-gejala, menceritakan tokoh idola, menerapkan konsekuensi atau peraturan dengan prosedur yang jelas, dan mengisi waktu kosong dengan baik. (2) Upaya penanganan kenakalan siswa (upaya kuratif), yaitu: membaca Istigfar, menyikapi penyebab dan jenis kenakalan, menasihati, memberi peringatan dan pemahaman, isyarat nonverbal, membetulkan kenakalan, memuji siswa lain yang tidak melakukan kenakalan, konsultasi lewat telpon dan pemanggilan orang tua.
05SK050321.00 | SK PAI12.503 ABD u C.0 | Tersedia | |
05SK050321.01 | SK PAII5.503 NIS p C.1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain