Skripsi
Pelaksanaan Program Remidial Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI di SMK Nurul Ummah Paninggaran Pekalongan
Pemberian program pembelajaran remedial dilandasi atas latar belakang bahwa pendidik
perlu memperhatikan perbedaan individual peserta didik bukan sekedar melaksanakan ujian
ulangan untuk memperbaiki nilai, tetapi merupakan suatu proses pembelajaran kembali pada
materi yang belum dikuasai peserta didik, artinya stidak semua materi diremedialkan, tetapi hanya
materi yang belum dikuasai peserta didik karena semua peserta didik belum tentu mengalami
ketuntasan yang sama terhadap materi yang diajarkan. SMK Nurul Ummah Paninggaran telah
dilaksanakan program Pengajaran Remedial sebagai bagian dari kegiatan proses belajar mengajar
yang diselenggarakan di sekolah tersebut. Program pengajaran ini dijadikan sebagai salah satu
program atau cara yang dapat meningkatkan prestasi belajar bagi siswa SMK Nurul Ummah
Paninggaran dari segi prestasi belajarnya yang masih berada dibawah standar keberhasilan yang
telah ditetapkan oleh guru sebelumnya, sehingga dengan diterapk annya program pengajaran
remedial ini diharapkan dapat tercapai prestasi belajar yang maksimal, sesuai yang diharapkan
oleh sekolah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan program remedial
pada mata pelajaran PAI kelas XI SMK Nurul Ummah Paninggaran?. Tujuan penelitian adalah
untuk mengeksplorasi langkah awal pelaksanaan program remedial Pendidikan Agama Islam
kelas XI di SMK Nurul Ummah Paninggaran dan untuk mengeksplorasi Pelaksanaan Program
Remedial Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMK Nurul Ummah Paninggaran. Kegunaan
peneltiian adalah dapat memberikan masukan kepada guru atau calon guru bahwa dalam
pengajaran remedial dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian
ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti
menggunakan analisis data kualitatif dengan metode induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program pengajaran remedial
Pendidikan Agama Islam di SMK Nurul Ummah Paninggaran Pekalongan dapat membantu
siswa dalam mencapai KKM yang telah ditentukan, namun pada pelaksanaan pengajaran
remedial tersebut guru belum melaksanakannya dengan baik yaitu masih belum sesuai dengan
teori yang sudah ada dimana guru belum maksimal dalam mendiagosa siswa yang mengalami
remedial sehingga bantuan / penanganan yang diberikan belum sesuai / maksima
05SK05032I.00 | SK PAII5.503 NIS p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain