Skripsi
Hubungan Antara Kebiasaan Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V MII Simbangwetan Buaran Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014
Kebiasaan belajar bukan merupakan bakat alamiah yang berasal dari faktor
bawaan, tetapi merupakan perilaku yang dipelajari dengan cara sengaja dan sadar
selama beberapa waktu. Karena diulang selama beberapa waktu, berbagai perilaku
itu begitu terbiasakan sehingga akhirnya terlaksana secara spontan tanpa
memerlukan pikiran sadar sebagai tanggapan otomatis terhadap suatu proses belajar.
prestasi belajar adalah hasil dari belajar peserta didik yang diperoleh dari kegiatan
sekolah setelah peserta didik berlatih atau belajar, dan ditentukan melalui
pengukuran atau penilaian.
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis mengemukakan rumusan masalah
sebagai berikut: Bagaimana kebiasaan belajar siswa Kelas V MII Simbangwetan
Buaran Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014?, Bagaimana Prestasi Belajar
SiswaKelas V MII Simbangwetan Buaran Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014?,
Bagaimanahubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa Kelas V
MII Simbangwetan Buaran Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014?.Kegunaan dari
penelitian ini secara teoritis adalah: hasil penelitian ini diharapkan dapat
memperkaya khasanah pemikiran tentang hubungan kebiasaan belajar dengan
prestasi belajar siswa.Sedangkan kegunaan praktis: Hasil penelitian ini bisa menjadi
masukkan bagi guru tentang hubungan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dan pendekatan
yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa MII Simbangwetan Buaran Pekalongan kelas V yang berjumlah 30 siswa
terdiri dari 17 laki-laki dan 13 perempuan.Teknik pengumpulan datanya adalah
angket,observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan
dalam penelitian ini peneliti menggunakan rumus korelasi product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebiasaan belajar siswa kelas V MII
Simbangwetan Buaran Pekalongantermasukdalamnilai rata-rata 7,64.
Nilaitersebutberadadalam interval 7,6–7,65yang masukdalamkualifikasicukup.
Sedangkan prestasi belajardalamkategoricukup. Hal initerbuktidenganhasilrata-rata nilai rapor yang memilikinilai rata-rata 74,09. Nilaitersebutberadadalam
interval 72-75yang masukdalamkategoriklasifikasicukup.Dari hasil perhitungan
statistik korelasi dengan rumus Product Moment, diperoleh kesimpulan bahwa
hipotesis yang diajukan diterima untuk taraf signifikan 5%. Hal ini dibuktikan
dengan nilai r
xy
= 0,403 ≥ 0,361. Sedangkan dalam taraf signifikan 1%, hipotesis
yang diajukan ditolak karena nilai r
xy
=0,403 ≤ 0,463
04SK04972I.00 | SK PAII5.497 MIN h C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain