SKRIPSI PAI
Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran [Studi Di SDN Karangdowo Dan MISS Proto 1 Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan]
Guru Pendidikan Agama Islam adalah guru yang konsisten dalam perkataan maupun perbuatan, karena seorang guru Pendidikan Agama Islam harus dapat memberikan usaha sadar dan terencana untuk menyiapkan siswa dalam meyakini, memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan atau latihan. Untuk itu dibutuhkan sebuah profesionalisme dalam pembelajaran. Profesionalisme merupakan suatu profesi atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi sehingga mampu untuk bertindak secara profesional. Karena dalam proses pembelajaran guru merupakan ujung tombak yang berhubungan langsung dengan siswa sebagai subjek dan objek belajar. Dari sinilah penulis tertarik untuk meneliti tentang profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran (Studi di SDN Karangdowo dan MISS Proto I Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan).
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran di SDN Karangdowo dan MISS Proto I Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan dan faktor-faktor yang mempengaruhi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran di SDN Karangdowo dan MISS Proto I Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran di SDN Karangdowo dan MISS Proto I Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan dan faktor-faktor yang mempengaruhi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran di SDN Karangdowo dan MISS Proto I Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Kegunaan yang diharapkan dari penelitian adalah dapat memberi sumbangan di bidang ilmu Tarbiyah/Pendidikan Agama Islam, yang berkaitan dengan faktor apa saja yang dapat mempengaruhi profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam saat mengajar dan dapat memberikan acuan kepada para guru Pendidikan Agama Islam agar dapat mengajar anak didiknya secara profesional.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif, peneliti melakukan penelitian terhadap objek dan menggumpulkan data-data kongkrit sesuai dengan yang ditemui di lapangan. Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi (pengamatan terhadap fenomena yang diselidiki), interview atau wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis. Analisis data meliputi : reduksi, abstraksi dan verifikasi data.
Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil bahwa tidak semua guru mempunyai kemampuan profesional yang tinggi dalam pembelajaran. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu, faktor latar belakang pendidikan, faktor pengalaman belajar mengajar dan faktor kemampuan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP. Berdasarkan analisis mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme guru PAI dalam pembelajaran di SDN Karangdowo dan MISS Proto I Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, maka diperoleh gambaran profesionalisme guru PAI dalam pembelajaran yang berbeda-beda pada setiap faktor maupun gurunya. Pada faktor latar belakang pendidikan diperoleh guru yang termasuk profesional adalah guru yang mempunyai kualifikasi pendidikan sarjana atau sesuai dengan kualifiksi yang dipersyaratkan dalam Peraturan Pemerintah No. 19 Th. 2005 pasal 29 ayat 2. Sedangkan guru yang belum profesional adalah yang belum sesuai dengan kualifiksi pendidikan yang dipersyaratkan dalam Peraturan Pemerintah No. 19 Th. 2005 pasal 29 ayat 2. Pada faktor pengalaman belajar mengajar diperoleh hasil yang mengindikasikan bahwa semua guru PAI di SDN maupun MISS Proto I Kedungwuni Pekalongan cenderung profesional. Pada faktor kemampuan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran atau RPP diperoleh hasil yang mengindikasikan bahwa semua guru PAI di SDN maupun MISS Proto I Kedungwuni Pekalongan cenderung profesional.
Kata Kunci: Profesionalisme dan pembelajaran.
04SK049421.00 | SK PAI12.494 MAS p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain