SKRIPSI PAI
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Membaca Al Quran Melalui Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament [TGT] Dalam Pelajaran PAI Siswa Kelas V SDN 02 Kertosari Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang
Pendidikan Agama Islam merupakan pendidikan yang dibutuhkan oleh siswa untuk membentuk dan mengarahkan kepribadian yang baik dan benar. Disamping itu Islam bisa menjadikan kepribadian setiap generasi untuk membentuk suri tauladan dan akhlak yang baik. Kurangnya prestasi belajar siswa terhadap Pendidikan Agama Islam salah satunya bisa disebabkan karena kurangnya penggunaan metode pembelajaran yang bervariatif. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa selama ini guru dalam memberikan pembelajaran Pendidikan agama Islam hanya dengan metode ceramah, tanya jawab, serta nasihat, sehingga membuat siswa menjadi bosan dan pembelajaran menjadi monoton. Maka dibutuhkan suatu metode baru yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terutama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam metode Teams Games Tournament (TGT) siswa tidak hanya sebagai subjek belajar tetapi menjadi objek belajar karena dapat berkreasi secara maksimal dalam proses pembelajaran. Hal ini terjadi karena metode Teams Games Tournament (TGT) merupakan metode alternatif dalam mendekati permasalahan, mampu mengerjakan tugas besar, meningkatkan keterampilan komunikasi dan sosial, serta perolehan kepercayaan diri.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana prestasi belajar membaca Al-Quran siswa kelas V SDN 02 Kertosari Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang sebelum dan sesudah menggunakan model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam pelajaran PAI? Apakah metode Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar membaca Al-Quran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas V SDN 02 Kertosari Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang?. Tujuan penelitian untuk mengetahui prestasi belajar membaca Al-Quran siswa kelas V SDN 02 Kertosari Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang sebelum dan sesudah menggunakan model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam pelajaran PAI dan untuk mengetahui apakah metode Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar membaca Al-Quran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas V SDN 02 Kertosari Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Kegunaan penelitian diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar terutama dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan penggunaan metode Teams Games Tournament (TGT).
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tempat yang menjadi lokasi penelitian tindakan kelas ini yaitu kelas V SDN 02 Kertosari Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian yang akan dikenai tindakan kelas adalah siswa kelas V SDN 02 Kertosari Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2012/2013 sejumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi/pengamatan, dokumentasi, hasil tes/evaluasi. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan rumus prosentase.
Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa: 1) Prestasi belajar membaca Al-Quran siswa kelas V SDN 02 Kertosari Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang sebelum menggunakan model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam pelajaran PAI menunjukkan hasil yang belum maksimal. Dari jumlah 23 siswa terdapat siswa yang tuntas belajar sebanyak 15 siswa (65,217 %). 2) Prestasi belajar membaca Al-Quran siswa kelas V SDN 02 Kertosari Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang sesudah menggunakan model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam pelajaran PAI menunjukkan hasil yang baik. Pada pra siklus menunjukan bahwa perolehan nilai rata-rata ulangan harian PAI siswa pada pra siklus yakni 69,304 meningkat pada siklus I menjadi 72,826, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 75,869. Sedangkan siswa yang tuntas belajar dari pra siklus terdapat 15 siswa (65,217 %) meningkat pada siklus II menjadi 18 siswa (78,260 %), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 23 siswa (100 %), serta siswa yang belum tuntas belajar pada pra siklus sebanyak 8 siswa (34,783 %) turun pada siklus II menjadi 5 siswa (21,740), dan pada siklus II terjadi penurunan lagi menjadi 0 siswa (0 %). 3) Peningkatan prestasi belajar membaca Al-Quran siswa kelas V di SDN 02 Kertosari Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang melalui penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament (TGT) telah berhasil. Meningkatnya prestasi belajar membaca Al-Quran siswa kelas V di SDN 02 Kertosari Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang melalui penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament (TGT) dapat dibuktikan dengan hasil tes belajar siswa yang meningkat dari pra siklus, siklus I sampai dengan siklus II. Hal ini menunjukkan proses belajar mengajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi membaca Al-Quran siswa kelas V di SDN 02 Kertosari Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang melalui penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament (TGT) sudah berjalan dengan sangat baik.
04SK049221.00 | SK PAI12.492 TAR u C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain